Monday, 23/4/2018 | 11:22 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

GPS Akan Dipakai untuk Mobil Tanpa Sopir

GPS Itu Berguna untuk Mobil Tanpa Sopir

Otolibs.com – Kalau ada yang menyebut jika Global Positioning System tak penting atau merupakan salah satu fitur yang dapat membahayakan, ada baiknya untuk berpikir ulang. Sebab GPS ini dapat mendukung lahirnya mobil otonom alias mobil tanpa sopir.

“Salah satu teknologi BMW ConnectedDrive yang sangat berkaitan dengan GPS adalah BMW ProfessionalNavigation System. Selain itu fitur iDrive juga berfungsi untuk mengendalikan transmisi dan drivetrain, dimana pada semua kendaraan yang dilengkapi dengan BMW ProfessionalNavigation System dan transmisi Steptronic perpindahan gigi dikendalikan secara otomatis mengikuti satelit navigasi,” kata Jodie O’tania selaku Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia.

“Sehingga perpindahan terasa lebih nyaman dan ekonomis disesuaikan dengan kondisi lalu lintas. Hal ini memungkinkan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan emisi lebih rendah,” imbuhnya.

Jodie pun mengatakan untuk itu pengembangan teknologi berbasis GPS masih amat penting untuk yang ke depannya.

“Terlebih lagi berkaitan dengan kendaraan otonom yang pasti menggunakan teknologi GPS. Hingga saat ini BMW telah mengembangkan beragam fitur semi otonom dan hadir di beberapa kendaraan terbarunya. Berbagai fitur dan teknologi yang memungkinkan pengemudi ‘lepas tangan’ dari kemudi,” ujar Jodie.

“Teknologi ini memanfaatkan komputer onboard yang mendapat kemampuan untuk dapat memeriksa posisi mobil, dan situasi sekitarnya melalui peta digital, sehingga dapat secara akurat menjaga mobil tetap di jalurnya. BMW sangat fokus untuk terus mengembangkan kendaraan semi otonom dan melakukan beragam investasi yang cukup signifikan untuk mendukung hal ini, salah satunya adalah dengan melakukan akuisisi terhadap teknologi navigasi HERE MAPS,” imbuhnya.

Tags: ,
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *