Thursday, 19/4/2018 | 1:40 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Langkah yang Harus Dilakukan Konsumen Indonesia Sebelum Membeli Mobil

Langkah yang Harus Dilakukan Konsumen Indonesia Sebelum Membeli Mobil

 

 

Otolibs.com – Virus digitalisasi makin mewabah. Terlebih hal tersebut sedikit banyak mempengaruhi karakteristik serta ifat masyarakat dalam menentukan sesuatu, termasuk ketika ingin membeli mobil. Pada penelitian terbaruĀ  Google bersama dengan TNS mengungkapkan, kalau internet menjadi bagian yang amat penting pada proses menentukan mobil baru yang bakal di beli oleh konsumen di tanah air.

Menurut datanya, Yudistira Adi Nugroho Industry Analyst Google Indonesia menerangkan ada kenaikan penggunaan internet sebelum membeliĀ  mobil di Indonesia dari tahun lalu.

“Tahun lalu, 2016, 43 persen orang Indonesia mengandalkan internet khususnya menonton video sebelum membeli mobil. Kini, penelitian terakhir kita yakni tahun 2017 behavior tersebut naik menjadi 59 persen,” katanya.

“Bisa dikatakan, kini 6 dari 10 orang Indonesia yang menggunakan internet menonton video online sebelum membeli mobil. Kini, penelitian terakhir kita yakni tahun 2017 behavior tersebut naik menjadi 59 persen,” tambah Yudistira.

Pada kesempatan yang sama, ia menerangkan kalau pencaharian sebelum orang membeli mobil lewat internet mulai dari mencari spesifikasi, harga, warna, sampai dilernya. “Dari mencari spesifikasi, harga, membandingkan, sampai cari diler itu orang Indonesia sudah melakukan lewat Internet,” ungkap Yudistira.

Di lain sisi, Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto setuju dengan penelitian dari Google ini. Baginya, kejadian itu betul-betul tengah berlangsung dan tak sedikit warga Indonesia yang mulai tak memakai cara konvensional yaitu ke diler sebelum membeli mobil.

“Kami setuju dengan penelitian ini. Mungkin itu terjadi tidak di Industri Otomotif saja, beberapa industri lain juga terpengaruhi seperti hotel. Dahulu, orang cari informasi macam-macam ke diler, sales kita yang kerja. Sekarang sudah banyak yang mengandalkan internet. Tapi pada saat terjadi perubahan, bukan berarti yang konvensional dihilangkan,” katanya.

“Jaman now sudah seperti itu. Segala hal bisa dilakukan lewat internet misalkan membandingkan satu mobil dengan mobil lainnya,” tutup Soerjo.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *