Thursday, 19/4/2018 | 1:35 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Inilah Yang Diharapkan Yamaha Terhadap Motor Listrik

Inilah Yang Diharapkan Yamaha Terhadap Motor Listrik

Otolibs.com – Motor listrik jadi kendaraan yang ditunggu-tunggu. Karena, teknologi motor listrik merupakan kendaraan yang ramah lingkungan sebab tak mengeluarkan emisi. Namun amat disatangkan, di Indonesia penggunaan motor listrik belum masif. Pabrikan sepeda motor masih lebih banyak memproduksi motor bermesin bakar.

Begitu juga Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Walaupun seperti itu, ke depan Yamaha telah mempunyai niatan untuk merilis motor listrik. Beberapa waktu yang lalu Yamaha juga telah mengenalkan motor listriknya lewat E-Vino.

“Masih nunggu regulasi lah. Karena kan masalah ini bukan hal yang gampamg. Kalau regulasi jelas, persyaratan mengenai pajak sepeti apa kita baru bisa. Kalau E-Vino kita lebih ke percobaan tertutup. Kita mau melihat respons orang gimana. Dari situ kita pelajari apa yang harus kita benahi di EV (electric vehicle/kendaraan listrik) kita,” kata Deputy GM Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Eddy Ang di Paropo, Dairi, Sumatera Utara.

Terdapat sejumlah harapan Yamaha mengenai motor listrik. Yang paling sederhana yakni homologasi motor listrik yang layak jalan seperti apa.

“Yang kedua mengenai pajak. Penerapan pajak seperti apa. Ketiga infrastruktur. Karena ini bukan hal yg gampang. Ada sih kompetitor yang bilang mereka bisa 60 km/jam, tapi kenyataannya nggak. Tapi yamaha kan nggak bisa main klaim aja, bisa 50 km/jam ya 50 km/jam. Bisa 5 jam ya 5 jam. Soalnya ada juga yg bilang begitu beberapa bulan udah merosot drastis kapasitasnya,” sebut Eddy.

Begitu juga mengenai limbah. Limbah baterai mesti betul-betul dipikirkan bagaimana semestinya dilakukan. Karena, limbah baterai cukup berbahaya.

“Itu terkait sama pengelolaan limbah dan sebagainya itu cukup kompleks ya,” sebut Eddy.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *