Friday, 20/4/2018 | 9:02 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Setelah Pizza, Vespa Jadi Persembahan Terbaik Italia untuk Dunia

Setelah Pizza, Vespa Jadi Persembahan Terbaik Italia untuk Dunia

 

Otolibs.com – Jika harus menyebut merek motor dari Italia, nama Vespa pasti bakal keluar dari mulut orang. Merek ini malah disebut-sebut jadi persembahan Terbaik Italia untuk dunia Selepas Pizza.

Seperti halnya di Indonesia, di Jalanan Pakistan, para penggemar Vespa jadul berebutdalam mencari suku cadang dan balik menghidupkan trennya seperti zaman dahulu.

Seorang pengguna Vespa jadul di kota Lahore, Zubair Ahmad Nagra menuturkan motor-motor keluaran baru tak mempunyai daya tarik yang kuat. Ia mengendarai Vespa yang diimpor ke Pakistan oleh ayahnya pada tahun 1974.

“Itu adalah kendaraan bermotor pertama yang dimiliki ayah saya. Saya mencintainya sejak itu,” ujarnya.

Selama dua dekade terakhir, tingkat kepemilikan motor di Pakistan pun melonjak naik.  Motor dari China dan Jepang menguasai jalanan di mana sebagian besar penduduknya berusia di bawah 30 tahun. Tapi tak untuk para pecinta Vintage Vespa seperti Zubair Ahmad Nagra.

Ia pun mengenang perjalanannya naik Vespa dari Lahore ke perbatasan China di Khunjerab Pass, yang mempunyai ketinggian 4.693 meter di atas permukaan laut. “Motor itu tidak pernah mengecewakan,” ujarnya.

Mempunyai motor jadul seperti Vespa merupakan salah satu bentuk ‘buruh cinta’. Mempunyai motor ini mesti berkorban banyak. Mulai dari suku cadang yang sulit didapat, mekanik yang mampu memperbaiki pun cuma segelintir saja.

Pemilik Vespa kadang harus terpaksa menggunakan suku cadang murah buatan India atau meminta mekanik membuat bodi lagi.

Tags: ,
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *