Tuesday, 17/7/2018 | 9:12 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Asalkan Mau Korbankan AC! Xpander, Avanza dkk dapat Dipasangi Sunroof

Asalkan Mau Korbankan AC! Xpander, Avanza dkk dapat Dipasangi Sunroof

 

 

 

Otolibs.com – Mobil yang mempunyai sunroof biasanya yakni kendaraan yang mewahdan mahal Karenanya, terdapat beberapa pemilik mobil yang ingin sematkan fitur itu.

Namun sebetulnya pengguna mobil sejuta umat seperti Avanza atau Xpander dapat saja memasang sunroof di mobilnya. Terlebih yang lebar atau panoramic roof. Namun pemilik Garasi Sunroof Dewa Indra menerangkan dapat saja mobil keluarga seperti itu dipasangkan sunroof, bahkan panoramic. Namun, ada hal yang mesti dikorbankan yakni AC yang berada di atapnya.

“Pemasangan bisa kok. Mobil yang nggak ada sunroofnya bisa kita custom. Mobilnya apa saja, mau Avanza, Xenia, dan lainnya. Tinggal kita lihat konturnya saja, datar apa ada lekukan,” katanya di Jakarta.

“Tapi ya harus relakan AC yang di atas (double blower). Dia harus hilang karena kan untuk dipasang sunroof,” tambah Dewa.

Dengan memakan waktu dua mingguan saja, Otolovers yang menginginkan fitur tambahan itu mesti mengeluarkan kocek mulai dari Rp 15 juta.

“Proses pengerjaan bisa sampai 2 Mingguan. Ini pas masuknya ya, bukan pas antre. Untuk biaya, itu Rp 15 juta sama pemasangan. Kalau panoramic bisa Rp 35 juta,” ungkap Dewa.

Selepas dipasangkan, Otolovers mesti rajin untuk merawatnya, ya. Karena, fitur tambahan itu adalah modifikasi bukan keluaran resmi dari pabrik. Jadi, harus rajin-rajin.

“Untuk Panoramic ini kan rada besar. Jadi butuh teknik khusus. Kendalanya jadi banyak. Maka harganya cukup mahal. Namun harus dirawat, tidak susah kok. Hanya dikasih minyak saja remnya setiap habis dicuci,” kata Dewa.

Kalau tidak, saluran pembuangan dapat mampet bahkan bocor. Dan hasilnya, gelontorkan biaya lagi untuk servisnya. “Diminyaki-nya tidak perlu setiap hari. Hanya saja harus rajin karena kalau malas bisa ada yang mampet, saluran pembuangannya bocor. Mobil Kijang kapsul saja dipasang panoramic sunroof baik-baik saja, asalkan rajin dirawat,” tutur pria yang tergabung di salah satu Komunitas Kijang ini.

“Atau tidak, paling enaknya, tiga bulan sekali diservis,” tutup Dewa.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *