Monday, 16/7/2018 | 8:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Di Asmat Hampir 100% Pakai Motor Listrik

Di Asmat Hampir 100% Pakai Motor Listrik

 

 

Otolibs.com – Presiden Joko Widodo mengendarai motor listrik ketika blusukan ke Asmat, Papua. Kenapa tidak memakai motor bensin biasa ya? Dan kenapa lebih banyak motor listrik di sana?

Masyarakat disana telah terbiasa untuk memakai motor listrik. Terlebih hampir 100% motor yakni motor listrik. “99 persen kendaraan di sini ramah lingkungan, karena menggunakan motor listrik,” ujar Asisten III Setda Kabupaten Asmat, Syamsul Agas.

Bagi Syamsul, listrik di Asmat tak cuma untuk penerangan, namun juga penyisian motor listrik. Bahkan, ia mengklaim, Asmat adalah satu-satunya kabupaten di Indonesia yang warganya memakai motor listrik.

“Kami merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang menggunakan kendaraan tanpa bahan bakar minyak, tetapi menggunakan energi listrik,” kata Syamsul.

“Jumlah kenderaan roda dua (motor) yang ada di Kabupaten Asmat sebanyak 1.920 unit, semua pakai listrik,” imbuhnya.

Motor listrik ini biasa disebut warga dengan motor cas. Motor listrik tak mengeluarkan emisi. Inilah alasan paling bijak untuk tak memakai kendaraan dengan BBM. Orang Asmat juga menggunakan motor listrik karena anti polusi udara.

PLN pun telah menyediakan lokasi pengisian listrik di kota Agats. SPLU ini mampu mengisi listrik sepeda motor dengan hanya uang Rp 5.000 saja. Pemilik kendaraan juga dapat membeli pulsa listrik dengan harga Rp 5.000 lalu melakukan pengisian di SPLU yang sudah tersedia.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *