Friday, 20/7/2018 | 6:42 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Mencegah Rem Blong yang Tepat

Cara Mencegah Rem Blong yang Tepat

 

Otolibs.com – Pengereman yang tepat amat diperlukan untuk dapat mengendarai kendaraan bermotor, Terlebih untuk sepeda motor yang memerlukan keseimbangan. Jangan sampai, teknik pengereman yang tak tepat malah justru menimbulkan kecelakaan sebab rem blong.

Andry Berlianto selaku Instruktur Safety Riding di Rifat Drive Labs, berbagi sedikit tips mengenai pengereman yang tepat. Tips yang telah dibagikan oleh Andry ini merupakan rekomendasi dari sudut safety.

“Basically kalau bicara pengoperasian (rem) sama aja untuk matik/manual. Di bawah 30 km/jam gunakan rem belakang. Di atas 30 km/jam gunakan kombinasi rem depan dan belakang,” kata Andry.

Rem depan berfungsi untuk menahan laju roda. Sementara untuk rem belakang jadi penyeimbang. Jika pemotor salah memakai teknik pengereman, bisa saja timbul risiko kecelakaan.

“Jika rem depan dipakai berlebih maka ada risiko terburuk jatuh highside (mental ke depan). Jika rem belakang dipakai berlebih maka ada risiko terburuk jatuh lowside (ndlosor),” ujar Andry.

“Ingat jangan salah tafsir dengan cara rem ditekan terus menerus, gunakan jeda apalagi kalau untuk khusus turunan,” tambah Andry.

Ia pun menyarankan, pemotor perlu untuk memahami rem motor dengan baik & mencoba di lingkungan tertutup, jangan sampai kejadian rem blong terulang kembali. belum lama ini beredar video pemotor yang yang tidak dapat mengendalikan laju motornya di turunan lantaran rem blong. Untungnya, pemotor tersebut diselamatkan oleh benteng penyelamat agar tidak terjun ke jurang.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *