Tuesday, 22/5/2018 | 11:53 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kata Toyota Mengenai Makin Banyak Merek Mobil di Indonesia

 

Kata Toyota Mengenai Makin Banyak Merek Mobil di Indonesia

 

 

 

Otolibs.com – Pasar roda empat di Indonesia makin ramai dengan hadirnya produsen asal China, Wuling dengan produk MPV-nya Confero dan Cortez, sedangkan untuk Sokon hadir dengan SUV-nya Glory 580. Hal itu dinilai mempunyai pengaruh baik untuk industri otomotif roda empat tanah air.

Seperti yang telah dikatakan oleh Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, dengan hadirnya produsen baru yang ikut bersaing di pasar mobil Indonesia merupakan sesuatu yang baik, terutama dalam meningkatkan industri mobil Indonesia.

“Yang jelek kalau kanibalisasi,” ujarnya.

Semakin ramainya pasar kata Soerjo jangan cuma dilihat dari segi persaingannya, Tapi lebih dilihat dari keuntungan yang diperoleh industri dengan masuknya para produsen mobil baru.

“Mungkin harus dilihatnya bukan ke persaingan antar maker (produsen), ada baiknya dilihat apakah market otomotif nasional kita tumbuh, menurut saya seperti itu,” tuturnya.

Di sisi lain, dari segi konsumen juga harus dilihat. Karena bagi dirinya, semakin banyak produsen ataupun produk yang hadir di tanah air, maka konsumen makin banyak opsi, dan puas dengan beragam produk yang punya tampilan dan fitur yang berbeda-beda, semua ada di Indonesia.

Walau dengan seperti itu tidak bisa dipungkiri, persaingan di pasar kata Soerjo bakal lebih ketat.

“Customer memiliki pilihan yang semakin bervariasi, dengan kata lain persaingan semakin mengetat antar maker. Hadirnya produk baru seperti Xpander dan Ertiga mengisi sisi emotional dari customer seperti halnya Mobilio saat di launch pertama kali,” papar Soerjo.

Begitu juga dengan dua produsen asal Tiongkok yang datang ke Indonesia dengan modal pabrik canggih & melahirkan mobil disegmen yang banyak dilirik oleh konsumen, dengan harganya yang miring.

“Seperti saya bilang di awal yabg penting total automotive (industri),” tegasnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *