Thursday, 16/8/2018 | 2:08 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Alasan Kenapa Ban Serep Berbeda

Alasan Kenapa Ban Serep Berbeda

 

Otolibs.com – Ban serep di mobil merupakan salah satu perlengkapan wajib yang mesti ada di dalam mobil Indonesia. Bahkan peraturan itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 57 ayat 3.

Nah namun jika melihat bentuk keseluruhan ban, terutama pada bagian pelek ada yang berbeda. Pelek mobil ban serep biasanya berbeda dari ban terpasang.

“Karena itu kan sifatnya temporary, tidak setiap hari digunakan,” ungkap Arif Pramadana Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia di Cikarang.

Jika mobil-mobil Wuling, kata Arif, memang sengaja dipilihkan pelek yang berbeda dari ban terpasang. Alasannya yakni untuk mengurangi ongkos produksi.

“Kalau dari sisi costnya aja, lebih murah untuk pakai yang biasa kan sifatnya temporary. Bisa ada beberapa ATPM yang sama, itu bisa. Itu karena cost,” tutur Arif.

Walaupun jarang dipakai, ban serep juga mesti diperhatikan ya, Otolovers. Supaya nanti kalau kita tiba-tiba ingin mengganti ban, kondisinya masih cukup baik.

Ban serep ternyata juga mesti selalu ada di dalam mobil. Jangan sekali-kali memindahkannya. Pada pasal 278 UU No.22 Tahun 2009 diterangkan kalau setiap orang yang mengemudikan mobil tanpa dilengkapi salah satu perlengkapan itu termasuk sebuah tindakan pidana. Hukumnya yakni kurungan paling lama sebulan atau didenda paling banyak Rp 250.000.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *