Monday, 20/8/2018 | 5:29 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kecenya Mazda MX-5 Miata NB, Cuma Ada 10 di Tanah Air

Kecenya Mazda MX-5 Miata NB, Cuma Ada 10 di Tanah Air

 

 

Otolibs.com – Mobil beratap terbuka Mazda MX-5 Miata NB keluaran 2001 ini nampak elegan dan keren. Mobil yang diklaim cuma ada 10 saja di Indonesia ini i8kut mejeng pada seri ke-6 Indonesia Automodified (IAM) Bandung.

Arie Novarianto juga mengungkapkan, mobil Mazda kepunyaannya tersebut mengusung konsep street race.  Tak banyak perubahan yang ia lakukan dari sisi eksterior dan juga interior.

Ia mengaku fokus kepada ubahan mesinnya saja. Dari kapasitas mesin sebesar 1.800 cc, ia ubah jadi 2.500 cc. Hampir seluruh bagian mesin orisinil diangkat dan diganti seluruhnya untuk racing.

“Untuk konsep sendiri kita enggak banyak perubahan. Kita totalitas di engine. Engine ini 1.800 saya convert semuanya jadi 2.500 untuk total horse power itu 536 horse power,” kata Arie saat ditemui di Graha Manggala Siliwangi, Kota Bandung.

Untuk proses modifikasinya sendiri, Arie memerlukan waktu kurang lebih selama setahun setengah sejak akhir tahun 2017 lalu. Ia sudah menghabiskan Rp 180 juta untuk mengubah mobil kesayangannya tersebut seperti sekarang ini.

“Ini pengerjaan satu tahun setengah dan dilakukan bertahap. Karena untuk engine ini di Indonesia enggak ada yang jual. Jadi engine, aksesoris lain itu ambil dari Jepang, seperti piston dan banyak lainnya. Biaya Rp 180 juta dan paling mahal seputar engine,” kata dia.

Arie juga mengungkapkan, kalau mobil Mazda MX5 Miata NB cuma ada 10 di Tanah Air. Dari informasi yang ia dapat, Mazda MX5 Miata NB ini ada di Palembang satu, Bali lima, Jakarta dan daerah lainnya.

“Ini tangan kedua dari teman. Lihat jenis mobil lucu, di Indonesia juga enggak lebih dari 10 (unit). Untuk beli tuker tambah satu unit Honda CR-V 2018 dan uang tunai Rp 100 juta,” ujarnya.

Ia menambahkan, mobil kepunyaannya itu sudah memperoleh sejumlah penghargaan. Seperti pada ajang Indonesia International Motor Show Jakarta lalu mobilnya berhasil menyabet 11 penghargaan. Mulai dari the best clean engine, the best engine dan lainnya.

“Juara di IIMS dapat 11 trofi, the best clean engine, the best enggine. Nggak sangka, tapi tahunya bisa bawa pulang 11 trofi,” ucapnya.

Untuk di Bandung ia tak banyak berharap. Ia cuma ingin ikut meramaikan Indonesia Automodified di Bandung kali ini. “Kita di Bandung tidak terlalu banyak harapan. Hanya ingin menunjukkan Jakarta punya Mazda dan cuman pengen ramein saja. Karena di Bandung modifikasinya edan-edan dan berani,” ujar modifikator asal Jakarta ini

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *