Sunday, 23/9/2018 | 10:14 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Suzuki Masih Pertanyakan Standar BBM Euro 4 Nanti di Indonesia

Suzuki Masih Pertanyakan Standar BBM Euro 4 Nanti di Indonesia

 

 

Otolibs.com – Pihak Suzuki Indonesia masih mempertanyakan standar bahan bakar minyak Euro 4 yang bakal digunakan di Tanah Air nanti. Walaupun telah siap untuk melangkah ke Euro 4, standar bensin yang bakal ditetapkan masih belum ditentukan oleh pihak Pemerintah.

Riecky Patrayudha selaku Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, seluruh mobil yang diproduksi oleh SIS telah kompatibel untuk masuk ke Euro 4. Pasalnya, mobil rakitan mereka juga telah diekspor ke sejumlah negara yang telah menetapkan standar itu. Tapi untuk standar BBM Euro 4 di Tanah Air, pihak SIS masih mempertanyakannya.

“Euro 4 itu ada campuran chemical yang berbeda dibanding Euro 2, dia akan semakin baik dan secara teori bisa menaikkan torsi dan horsepower mobil. Nah masalanya, bensin kita standarnya bakal bagaimana? Karena kalau bensinnya tidak disesuaikan, sama saja,” katanya di Jakarta.

“Saya belum dapat kepastiannya. Yang patut diketahui bahwa mesin mobil Euro 4 untuk perform maksimum itu harus disuplai dengan bahan bakar Euro 4. Masalahnya sampai detik ini kami belum dapat kepastian kapan bisa disuplai Euro 4-nya. Standar bensinnya juga belum diketahui akan mengikuti standar Eropa atau bagaimana,” lanjut Riecky.

Sebelumnya, pihak SIS mengaku sempat membawa bahan bakar Euro 4 dari negara lain untuk dites oleh Pemerintah. Dari sana dapat terlihat apa bedanya bensin Euro 2 dengan Euro 4.

“Kami tuh sengaja membawa bahan bakar Euro 4 dari negara lain untuk ngetes kemarin,” lanjut Riecky.

Jika kebijakan mengenai Euro 4 dan bahan bakarnya telah selesai, Suzuki telah siap untuk melangkahkan kaki ke sana. “Ya tinggal adjust saja. Tapi selama ini yang saya tahu produk kita sudah masuk loh untuk Euro 4 dengan parameter seperti ini, sudah ekspor juga. Tinggal bensinnya aja yang kita tidak punya,” ucap Riecky.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *