Thursday, 19/7/2018 | 3:37 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Lihat Jalanan yang Lenggang, Jangan Langsung Gaspol Kendaraan!

Lihat Jalanan yang Lenggang, Jangan Langsung Gaspol Kendaraan!

 

 

Otolibs.com – Kemacetan horor di jalur mudik, belum banyak diketemukan di musim mudik tahun 2018 ini. Banyak jalur mudik yang masih nampak lenggang tidak seperti di tahun-tahun yang lalu.

Tapi, bukan berarti jalanan lenggang pemudik dapat santai. Justru mesti tetap diwaspadai. Jalanan lengang tersebut memang memungkinkan oleh para pemudik untuk menggeber gasnya dalam-dalam. Namun mesti tetap hati-hati ya.

“Ketika arus lancar bahkan memungkinkan para pengemudi bisa ngebut. Ini akan menjadi black spot,” ungkap Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Chrysnanda Dwilaksana.

Dirinya pun mengingatkan supaya para pemudik dapat mengendalikan kecepatannya ketika jalanan tengah lenggang. Nah untuk Otolovers, jalanan lengang ini juga dapat berpotensi untuk menimbulkan microsleep.

Microsleep yakni tertidur secara tiba-tiba ketika kita melakukan pekerjaan yang monoton, termasuk ketika berkendara mudik.

Untuk menghindari hal ini, pemudik disarankan untuk beristirahat tiap empat jam sekali untuk tetap menjaga stamina tubuhnya.

“Manajemen kecepatan juga perlu dilakukan walaupun masih manual dengan rambu-rambu kecepatan sementara atau dengan berbagai imbauan di rest area. Sudah ada korban meninggal dunia di Tol Cipali tadi pagi,” terangnya.

Microsleep ketika berkendara memanglah amat berbahaya. Ketika kita terserang microsleep, banyak hal yang dapat terjadi selama kurun waktu dan jarak itu. Yang paling sering terjadi yakni mobil pindah jalur tanpa disadari.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *