Thursday, 19/7/2018 | 3:45 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Perhatikan Hal Ini Jika Mau Mudik Lewat Jalan Tol Fungsional

Perhatikan Hal Ini Jika Mau Mudik Lewat Jalan Tol Fungsional

Otolibs.com – Mudik lebaran tahun ini telah lebih nyaman sebab sejumlah proyek infrastruktur telah dikebut. Tapi, pemudik juga bisa menggunakan tol fungsional.

Tol fungsional adalah tol yang belum beroperasi secara komersil dan kondisi pada umumnya masih di bawah standar tol operasional atau yang sudah berbayar.

Untuk lewati tol fungsional, pemudik juga harus berhati-hati. Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, menuturkan, ada hal-hal yang mesti diperhatikan di jalan tol fungsional.

“Pertama minim rambu, selama ini yang terpasang hanya yang bersifat darurat. Tol fungsional juga tidak terdapat marka jalan, juga minimnya penerangan jalan,” sebut Sony kepada detikOto.

Pemudik yang juga memperhatikan kondisi lingkungan serta jalan yang relatif berdebu. Karena, tol fungsional kondisi infrastrukturnya belum 100% beres.

“Perubahan kondisi lingkungan (cut n fill) yang berakibat terjadinya arah angin/cross wind juga perlu diperhatikan,” ucap Sony.

Mengantisipasinya, pemudik disarankan untuk mengurangi kecepatan 10-20 km/jam dari biasanya. Jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan.

“Bersiap dengan segala kondisi yang tidak terduga,” pungkasnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *