Thursday, 19/7/2018 | 8:40 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ini Hal Yang Harus Dilakukan Jika Mobil Terkena Debu Vulkanik

Ini Hal Yang Harus Dilakukan Jika Mobil Terkena Debu Vulkanik

 

 

Otolibs.com – Aktivitas Gunung Agung meningkat. Paparan debu vulkaniknya pun hinggap di kendaraan sekitarnya. Untuk kendaraan yang spesialnya mobil yang telah terkena debu vulkanik, sebelum dipakai ada baiknya untuk membersihkan bagian-bagian penting terlebih dahulu seperti kaca.

Pasalnya, jika dibiarkan dalam waktu dua hari lebih, debu vulkanik bakal sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Itulah yang dijelaskan oleh Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana kepada detikOto di Jakarta tadi pagi.

“Debu vulkanik akan menempel pada obyek dan susah untuk dibersihkan kalau lebih dari dua hari. Pastikan sebelum mengemudi seluruh kaca dalam kondisi clear untuk kepentingan visibilitas. Juga mika-mika lampunya sehingga lampu dapat jelas menyala dan mampu berkomunikasi dengan pengguna jalan lainnya,” papar Sony.

“Untuk kesehatan, tutup seluruh jendela saat berkemudi serta persiapkan masker ketika harus turun dan keluar dari kendaraan. Persiapkan juga R2,” lanjutnya.

beberapa waktu yang lalu, Iwan Abdurrahman ketika masih jadi General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor juga menuturkan kalau debu dari erupsi gunung amatlah berbahaya untuk kendaraan. Sehingga segera mungkin semprot dengan air bersih dan lap bagian-bagian penting di mobil.

“Debu tersebut (dari erupsi gunung) bentuknya tajam. Disarankan segera lakukan pembersihan mobil secara menyeluruh dengan disemprot air bersih dan dilap. Karena, apabila dibiarkan kendaraan (mobil) akan ada karat,” katanya.

Kalau dibiarkan dalam beberapa hari saja, Iwan melanjutkan, efek karat di mobil bakal mulai nampak. Ia menyarankan sesegera mungkin supaya dilakukan pembersihan khususnya bagian eksterior.

“Yang terlihat adalah efek karat, jika mobil terkena debu dan dibiarkan beberapa hari. Maka bersihkan bagian eksteriornya segera. Tidak lupa juga periksa komponen lain di area mesin, drive belt (tali kipas), idle bearing, rem, kisi-kisi radiator, dan kondensor AC untuk dibersihkan,” lanjut Iwan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *