Saturday, 18/8/2018 | 8:10 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Orang RI Tak Suka Beli Mobil Murah

Orang RI Tak Suka Beli Mobil Murah

 

 

 

Otolibs.com – Beberapa tahun yang lalu banyak mobil dijual dengan harga Rp 100 juta ke bawah. Mobil-mobil itu berlabel Low Cost Green Car. Tapin ternyata mobil murah tak begitu diminati oleh warga di Indonesia.

Dipaparkan Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, mobil di bawah Rp 100 juta kurang diminati walaupun mereka adalah pembeli pertama. Warga Indonesia lebih memilih mobil yang agak mahal tapi aman jika dipakai sehari-hari.

“Iya, sewaktu diperkenalkan (mobil LCGC) banderolan termurahnya adalah di bawah Rp 99 juta, tapi ya tidak ada apa-apa. Tidak laku mobil seperti itu, orang Indonesia belinya di varian atas (Rp 100 juta ke atas),” kata Jonfis di Jakarta.

“Mobil Rp 99 juta ke bawah itu tidak ada apa-apa, transmisinya juga hanya tersedia manual. Kecenderungan orang Indonesia, walaupun ingin beli mobil pertama mereka benar-benar memilih yang layak untuk dikendarai. Safety-nya baik, ada teknologinya, bukan masalah harga lagi,” imbuhnya.

Sebagai contoh, Jonfis menuturkan dahulu sempat ada mobil yang ditawarkan dengan banderol Rp 66 juta. Namun setelah beberapa bulan mobil itu tak begitu laku ketimbang mobil-mobil Rp 100 jutaan.

“Di atas Rp 100 juta itu yang malah sukses (dibanding Rp 99 juta ke bawah). Memang, ada banyak faktor di belakang itu. Tapi beli mobil kan tidak seperti beli motor yang kalau tidak suka atau ada masalah tinggal buang. Mobil itu kan sebagai investasi juga, jadi harus benar-benar diperhatikan khususnya fitur keselamatannya,” tutup Jonfis.

Jonfis menuturkan harga mobil LCGC yang semakin meningkat dan hampir memepet harga city car (hampir Rp 150 juta) adalah wajar. Amat sukar sekali sekarang mencari mobil LCGC yang harganya di bawah Rp 100 juta.

“Ya kan karena ada inflasi dan kenaikan perkapita. Semua itu sih kembali ke pemerintah karena mereka yang menetapkan, bukan kami. Kami mengikuti saja kalau LCGC,” ucapnya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *