Tuesday, 1/12/2020 | 8:40 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Gunakan Multimeter Untuk Periksa Tegangan Aki Mobil

cara-gunakan-multimeter-untuk-periksa-tegangan-aki-mobil

Mungkin saat ini Anda sedang mengalami kondisi dimana mobil Anda tidak dapat distarter, lampu mulai meredup dan atau bahkan tidak menyala sama sekali? Sebenarnya semua itu dapat terjadi ketika aki Anda sedang bermasalah.

Anda ketika memang mengalami masalah demikian harus segera punya inisiatif untuk mengecek aki mobil Anda. Dan Anda juga harus tahu bahwa sebuah multimeter dapat Anda gunakan untuk memeriksa dan juga untuk menguji beragam komponen listrik termasuk juga soal aki mobil Anda.

Nantinya multimeter akan sangat mudah digunakan dan ada baiknya untuk Anda miliki dalam pemeriksaan aki mobil serta berbagai peralatan elektronik lainnya. Mengenai seperti apa cara memeriksa aki mobil dengan menggunakan multimeter dapat Anda simak informasinya di bawah ini.

Cara Gunakan Multimeter Untuk Periksa Tegangan Aki Mobil

Cara Anda untuk menggunakan multimeter dalam memeriksa tegangan pada aki mobil ada beberapa langkah. Langkah pertama yaitu :

·         Anda buka kap mobil dan Anda bisa temukan posisi aki. Kemudian Anda coba cari terminal positif pada aki dan lepaskan soal pelindung terminal positif.

·         Anda hubungkan kabel positif multi meter (warna merah) ke terminal positif aki mobil. Kemudian Anda hubungkan kabel negatif multi meter (warna hitam) menuju terminal negatif aki mobil Anda.

·         Dan jika memang aki mobil Anda ternyata masih berfungsi, tegangan pada meteran multi meter harus terbaca diantara kisaran angka 12,5 sampai dengan 12,8 volt dan jika memang bacaan kurang dari 12,5 volt maka Anda harus charge aki mobil Anda.

Dan jangan lupa untuk Anda periksa soal aki mobil dengan menggunakan multimeter setelah mobil Anda dinyalakan. Langkah pertama yaitu :

·         Anda hubungkan antara kabel positif multi meter yaitu yang berwarna merah ke terminal positif aki mobil dan kabel negatif multi meter yaitu yang berwarna hitam menuju ke terminal negatif aki mobil Anda.

·         Kemudian Anda periksa hasil pengukuran apakah tegangan berada pada rentang 13,5 – 14,5 volt atau lebih dan jika nantinya tegangan kurang dari 13,5 volt ini berarti bahwa alternator tidak akan memproduksi cukup arus untuk dapat mengisi akinya.

·         Anda lakukan pengujian alternator di bengkel mobil agar lebih dapat solusinya.

Demikian sedikit informasi tentang Cara Gunakan Multimeter Untuk Periksa Tegangan Aki Mobil yang kami dapat berikan. Semoga bermanfaat.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *