Thursday, 3/12/2020 | 6:35 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Kerja Cruise Control Pada Mobil yang Anda Harus Tahu

cara-kerja-cruise-control-pada-mobil-yang-anda-harus-tahu

Harus kita akui bahwa dunia otomotif semakin lama semakin berada pada kejayaan. Utamanya di era 2016 ini dunia otomotif semakin jaya dan terus menerus menciptakan berbagai fitur untuk dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara sehingga tidak pindah ke lain hati.

Salah satunya terdapatnya sistem cruise control pada mobil. Dengan adanya sistem ini ketika Anda mengemudikan mobil di jalan raya atau bahkan di jalan tol yang panjang selama berjam – jam akan sangat mungkin ketika kaki menekan pedal gas terus menerus dan dengan sistem cruise Anda tidak akan mengalami masalah karenanya.

Karena memang cruise control ini merupakan sebuah teknologi yang diciptakan untuk memberikan kepada pengemudi kebebasan dalam mengendarai mobil berada pada tingkat kecepatan yang stabil tanpa kaki Anda harus terus menerus menekan pedal gas. Jadi nggak capek kalau mobil Anda dibekali bersama sebuah sistem yang bernama sistem cruise.

Lantas seperti apa cara kerja sistem cruise control pada mobil Anda?

Cara Kerja Cruise Control Pada Mobil

Tak hanya mendapatkan sebutan sebagai cruise control. Akan tetapi cruise control ini juga mendapatkan sebutan dengan speed control, autocruise dan juga berbagai nama lain tergantung dari pabrikan mobil.

Cruise control pada mobil yaitu digunakan ketika pengemudi menginginkan mobilnya bergerak pada kecepatan yang konstan maka ia harus melarikan mobil pada kecepatan yang diinginkan dan menggunakan fungsi dari cruise control ini.

Nantinya sistem yang seperti ini akan dapat dikontrol dengan tombol. Dan setelah cruise control diaktifkan maka pengemudi tak akan perlu menekan pedal gas dengan kaki. Cruise control juga pada umumnya tidak akan dapat diaktifkan ketika kecepatan mobil sedang berada dibawah 40 km/jam.

Mengenai sistem cruise control canggih ada yang namanya adaptive cruise control yang disebut pula sebagai autonomous cruise control sytem menggunakan teknologi canggih untuk nantinya dapat mengoperasikan pengereman dan juga mengontrol percepatan secara otomatis.

Nantinya sistem ini akan dibuat dengan menggunakan laser atau radar yang mampu dalam mendeteksi jarak dengan kendaraan pada depan dan mempersiapkan pengereman ketika jarak terlalu dekat atau menambah soal kecepatan ketika jarak aman.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Cara Kerja Cruise Control Pada Mobil. Semoga informasi yang kami dapat berikan diatas bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *