Wednesday, 25/11/2020 | 10:26 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Faktor yang Membuat Aki Mobil Cepat Kering Atau Mati

faktor-yang-membuat-aki-mobil-cepat-kering-atau-mati

Aki merupakan pemasok listrik dari sebuah mobil. Tanpa aki mobil Anda tentu tidak akan bisa menyala atau berfungsi sesuai yang Anda harapkan. Tentu saja aki harus Anda berikan perawatan yang optimal sebagai pemasok listrik utama dari sebuah mobil. Aki sendiri memang dapat bertahan sampai dengan 3 atau 4 tahun lamanya. Akan tetapi kalau dirawat dengan maksimal juga umurnya akan dapat jauh lebih panjang.

Hanya saja ketika kita salah melakukan perawatan atau mungkin salah dalam mengendarai mobil maka umur aki juga akan bisa jauh lebih pendek. Ada beberapa faktor juga sebenarnya yang sangat menentukan umur aki dalam mobil Anda.

Lantas apa saja faktor yang dapat membuat aki mobil Anda bisa cepat kering atau mati? Berikut ini kami berikan informasi lengkapnya untuk Anda. Yuk cek informasinya J

Faktor yang Membuat Aki Mobil Cepat Kering Atau Mati

Terlalu banyak mengemudi jarak pendek

Aki pada mobil akan berpotensi untuk terkuras lebih banyak ketika Anda terlalu banyak mengemudikan mobil tersebut dengan jarak pendek. Ketika Anda terlalu sering mengemudi mobil kurang dari 20 menit nantinya akan membuat alternator tidak memiliki cukup waktu untuk sepenuhnya melakukan isi ulang aki. Dengan Anda sering mengemudikan mobil jarak pendek nantinya juga akan berpotensi untuk mempersingkat umur aki mobil Anda yang biasanya bertahan sekitar 5 tahun.

Suhu yang ekstrim

Aki mobil Anda ini nantinya dapat membantu dalam mengubah energi kimia menjadi sebuah energi listrik melalui adanya sebuah reaksi kimia. Dan suhu yang ekstrim panas atau dingin akan dapat mempengaruhi soal kelancaran reaksi kimia dalam aki.

Suhu yang berada dibawah titik beku juga akan berpotensi dalam membuat aki mobil Anda mati sehingga perlu Anda lakukan charge ulang. Begitu juga dengan suhu yang terlalu panas juga dapat membuat aki mobil Anda akan cepat kering atau mati.

Gadget listrik

Tak hanya dapat digunakan untuk membantu menstarter mobil saja karena aki fungsinya juga sangat diperlukan sebagai sebuah sumber energi berbagai peralatan listrik pada mobil Anda seperti halnya lampu, klakson, sampai dengan pemutar musik dan juga radio. Dengan adanya adaptor pada mobil nantinya Anda juga akan dapat menggunakan aki mobil untuk mencharge telepon selular atau perangkat elektronik lainnya.

Sudah tahu bukan apa saja faktor yang dapat membuat aki mobil Anda cepat kering atau mati? Semoga informasi diatas tentang Faktor yang Membuat Aki Mobil Cepat Kering Atau Mati bermanfaat.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *