Thursday, 29/10/2020 | 4:57 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Bersihkan Aki Motor untuk Hindari Gangguan Kelistrikan

Tips Bersihkan Aki Motor untuk Hindari Gangguan Kelistrikan

Memang benar sekali jika saat ini penggunaan skuter matic di negeri kita tercinta ini sangatlah banyak, mengingat setiap tahunnya ada saja model terbaru yang keluar dari masing-masing produsen yang ada, memang sudah tak dapat dipungkiri lagi bahwasannya skuter matic merupakan salah satu transportasi yang bisa dibilang paling nyaman untuk digunakan beraktifitas sehari-hari, sebab tidaklah ribet dan kecil bodinya.

Bahkan perawatan untuk skuter matic ini juga tak terlalu rumit, sebab ketika service secara berkala di dealer resmi semuanya telag terukur dengan baik. Tapi, walaupun demikian tanpa Anda sadari di setiap penggunaan kendaraan skuter matic pasti saja pernah alami kendala secara tiba-tiba, atau pun dapat dikatakan lebih jelasnya terjadi kerusakan ringan, seperti lampu mati, ban yang bocor, dan lain-lain. Hal yang demikian ini tentu akan menjadikan aktifitas Anda terganggu.

Dan kerusakan ringan yang bisa dibilang paling sering terjadi diluar prediksi, adalah tiba-tiba ada gangguan pada kelistrikan skuter matic Anda, seperti halnya secara tiba-tiba starter elektrik tak dapat digunakan, batrey tak kuat untuk klakson, lampu yang meredup, bila yang seperti ini terjadi, sebaiknya Anda lakukan pencegahan dengan cara menjaga kebersihan ruang batrey.

Untuk memberi sedikit langkah pencegahannya, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan sendiri. Untuk selanjutnya, silakan Anda simak beberapa langkah di bawah ini.

Tips bersihkan aki motor untuk hindari gangguan kelistrikan

  • Mempersiapkan alat-alat secukupnya, diantaranya sikat gigi bekas, obeng plus, lap chamois, dan juga air. Setelah itu, silakan buka tutup ruang aki dengan cara melepaskan satu baut menggunakan obeng plus, lalu cungkil untuk membuka bagian tutupnya.
  • Bersihkan kotoran pada sisi ruang aki dan juga cover akinya, lalu buka cover aki dengan cara melepaskan dua bautnya dan lepaskan aki menggunakan obeng plus. Bila sudah, bersihkan ruang aki dengan menggunakan sikat gigi bekas, dan juga lap menggunakan air secara perlahan, sikat sisi tepi dan bagian dalam ruang aki.
  • Lanjutkan dengan mengeringkan ruang aki menggunakan lap chamois, lalu diamkan sampai benar-benar menghilang. Sembari menunggu, tutup kembali ruang aki lalu cover aki dibersihkan menggunakan lap chamois.
  • Terakhir, pasang kembali seperti semula.

Demikianlah informasi tentang tips bersihkan aki motor untuk hindari gangguan kelistrikan. Semoga bermanfaat.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *