Tuesday, 20/10/2020 | 5:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Merawat Motor Matik Agar Performanya Lebih Awet

Tips Merawat Motor Matik Agar Performanya Lebih Awet

Sepertinya motor matik sekarang ini semakin sering sekali dilihat di jalanan. Populasinya memang sudah mendominasi seperti halnya sepeda motor bebek. Nah, untuk bisa menjaga supaya performa motor matik kesayangan Anda tetap terjaga dengan baik, Anda pastinya perlu merawatnya secara rutin dan teratur. Nah, di bawah ini ada beberapa cara atau pun tips mudahnya merawat motor matik agar performanya jadi lebih awet dan terjaga dengan baik.

Tips merawat motor matik agar performanya lebih awet

  • Tips yang pertama sebelum pergi mengendarai motor matik ini silakan Anda panaskan terlebih dulu mesinnya, selama 1 hingga 5 menit, waktu yang sebentar tersebut sudah dirasa cukup untuk memanaskan mesin motor Anda.
  • Ketika mengendarai motor, Anda jangan sering ubah kecepatan laju motor, asalnya cepat tiba-tiba mengerem atau pun sebaliknya. Alasannya, yang demikian ini bisa memperpendek usia mesin motor Anda.
  • Cek kondisi tangki bensin motor Anda, jangan pernah biarkan kondisi tangki bensin motor Anda dalam keadaan kosong. Mengisi bensin tidak perlu menunggu bensin sampai jarum menujukan arah huruf E atau pun Empty.
  • Ganti oli transmisi motor Anda maksimal di setiap 5.000 km dan oli mesin secara berkala di setiap 1.000 km.
  • Selalu periksa kondisi aki dan juga busi motor Anda. Karena kedua perangkat itu akan menjadikan motor matik Anda bertenaga dan juga melaju kencang. Jika aki atau pun busi motor Anda sudah tak berfungsi dengan baik maka ganti dengan yang baru serta orisinil di bengkel resmi maupun langgangan Anda.
  • Selain itu, silakan Anda perhatikan juga kondisi vent belt dan juga roller secara rutin. Apabila memang sudah tak layak, maka ganti dengan yang baru dan juga orisinil.
  • Selalu perhatikan ruang transmisi motor Anda. Pada ruang transmisi ini ada komponen yang rentan sekali terhadap kotoran, sehingga Anda perlu membersihkan ruang transmisi tersebut secara berkala di setiap 4.000 km.
  • Motor matik umumnya menggunakan single shockbreaker, maka gantilah oli shockbreaker ini maksimal setiap 10.000 km.

Motor matik ini memang menjadi primadona sebab lebih mampu menerobos kemacetan dan juga lebih fleksibel untuk pria maupun wanita, bahkan lebih hemat bbm. Semoga saja tips merawat motor matik agar performanya lebih awet di atas bermanfaat ya.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *