Wednesday, 28/10/2020 | 2:19 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penggunaan Winglet Untuk Kelas Balapan Moto GP Dilarang?

Penggunaan Winglet Untuk Kelas Balapan Moto GP Dilarang

Winglet di moto GP memang pertama kali tren dan mulai dipopulerkan oleh Ducati untuk membuat motornya lebih jauh terkendali. Sudah menjadi rahasia umum juga bahwa motor ducati merupakan motor yang paling sulit dikendalikan dalam arena moto GP.

Hal ini karena tenaga yang besar dan motor ini mampu mengovertake lawan di trek lurus akan tetapi ketika sudah masuk di tikungan motor pabrikan ini tampak kesulitan dalam melibas tikungan. Akhirnya performa yang kurang maksimal di tikungan akan didapatkan bahkan bahaya crash juga menghantam. Lantas benarkah berdasarkan keputusan dan peraturan baru kini winglet untuk kelas balapan moto Gp termasuk yang ada pada ducati jadi dilarang?

Penggunaan Winglet Untuk Kelas Balapan Moto GP

Agar motor ducati bisa jauh lebih terkendali tentunya teknisi ducati menggunakan bantuan winglet yang memang hal ini diklaim akan dapat membantu meningkatkan adanya downforce roda depan dan juga dapat membantu menambah traksi ketika memasuki suatu tikungan. Hal ini juga berfungsi sebagai anti wheelie sehingga akan bisa membantu mengurangi kerja dari anti wheelie secara elektronik yang sistem kerjanya dibuat dengan mengcut off power mesin sehingga akan bisa membuat performance motor terorganisir.

Akan tetapi adanya penggunaan winglet ini kemudian menjadi semakin kontroversial karena beberapa pembalap motor ducati memberikan penilaian baru bahwa keberadaan winglet ini malah dapat mengancam keselamatan dari pembalap ketika terjadi senggolan. Penggunaan dari winglet di moto2 dan moto3 secara resmi dilarang dan juga penggunaan winglet di motoGP juga dilarang di musim 2017 ini.

Akhirnya memang pro dan kontra terjadi atas penggunaan winglet pada motor di ajang moto GP. Ducati tentu masih sangat berharap penggunaan winglets tetap diijinkan namun beberapa pembalap merasa perlu meninjau kembali penggunaan winglet ducati setidaknya ada aturan tentang ukuran yang diperbolehkan agar tidak memberikan potensi cedera pada pembalap ketika melakukan pertarungan side by side. Menurut beberapa pembalap, yang perlu diubah adalah desain winglet. Jika desainnya dibuat detachable atau dapat dilepas ketika membentur pembalap lain maka kemungkinan penggunaan winglet ini akan dapat dipertimbangkan kembali.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *