Friday, 30/10/2020 | 9:41 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Perawatan Ban Tubeless Motor yang Tepat

Tips Perawatan Ban Tubeless Motor yang Tepat

Kalau dulu hanya motor sport saja yang punya ban tubeless, dewasa ini bahkan motor matic juga sudah ada yang didesain dari pabrik dengan dibekali ban tubeless. Ban tubeless ini merupakan ban yang dirancang tanpa karet bagian dalam. Jadi ban ini hanya memiliki lapisan ban di bagian luar saja. Akan tetapi walau begitu ban tubeless dikenal punya tingkat keawetan yang tinggi dan juga sangat praktis dalam penggunaannya.

Ban tubeless punya beberapa macam keunggulan. Salah satunya adalah kemudahan dalam perbaikan. Jika bocor Anda hanya cukup menambal bagian yang bocor saja tanpa bersusah payah membongkar roda. Lantas seperti apa tips perawatan ban tubeless motor yang paling tepat?

Tips Perawatan Ban Tubeless Motor yang Tepat

Cek kondisi ban secara berkala

Pengecekan ini memang sangat berguna untuk mencari tahu kelayakan ban tubeless pada motor Anda. Periksa ban Anda apakah sudah cukup aus dengan Anda perhatikan batas keausan minimum yang ditunjukkan pada tanda D di bahu ban. Dan lihat keseluruhan bagian bahu dan telapak ban guna memastikan apakah ada kerusakan atau tidak.

Pastikan tekanan angin ban ideal

Tekanan angin ban tubeless idealnya di bagian depan yaitu 32 psi. Sementara tekanan angin untuk ban belakang berkisar antara 38-40 psi. Silahkan lakukan pengecekan untuk mengetahui tekanan angin pada kedua ban motor Anda sesuai dengan anjuran dan tekanan angin yang terlalu rendah harus diketahui dapat menyebabkan ban terlepas dari velg.

Hindari memikul beban yang berat

Tak sedikit para pemilik motor yang menjadikan kendaraannya untuk media mengangkut barang. Hal yang semacam ini boleh – boleh saja akan tetapi jangan pernah meletakkan muatan yang terlalu berat diatas motor yang mengenakan ban tubeless karena jika Anda memaksakan diri ban Anda bisa cepat rusak.

Lakukan perawatan ban yang terbaik mulai saat ini. Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Tips Perawatan Ban Tubeless Motor yang Tepat bermanfaat.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *