Thursday, 29/10/2020 | 10:28 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Membuat Aki Mobil Lebih Tahan Lama

tips aki tahan lama

Jika Anda ingin mobil punya pemasok energi dengan optimal maka aki mobil menjadi sangat penting untuk menjamin kinerja mobil Anda. Ada baiknya Anda melakukan perawatan pada aki mobil supaya aki mobil tidak sampai mengalami kerusakan.

Dari data statistik bahkan ditunjukkan bahwa aki mobil rata – rata punya daya tahan selama kurang lebih 3 sampai dengan 5 tahun. Dan lebih dari itu Anda harus bisa ganti aki. Akan tetapi lamanya aki mobil juga tergantung bagaimana Anda menggunakan mobil bersama aki tersebut. Kalau Anda tidak tepat merawat aki mobil bisa jadi aki mobil tidak akan bisa tahan sampai 3 tahun. Bahkan mungkin 2 tahun saja sudah minta diganti. Lalu seperti apa trik untuk memperpanjang umur aki mobil Anda?

Trik Memperpanjang Umur Aki Mobil

Trik pertama yang perlu dilakukan yaitu upayakan untuk Anda pastikan semua peralatan elektronik telah dimatikan sebelum Anda mematikan mesinnya. Kemudian pastikan agar semua lampu depan, lampu parkir, lampu interior, radio, wiper mobil, alarm mobil, gps atau perangkat navigasi, pemutar musik dan juga perangkat video di mobil Anda sudah dimatikan semuanya.

Berbagai macam peralatan yang dibiarkan hidup tidak hanya akan menguras daya aki mobil akan tetapi juga sangat berpotensi merusak sistem listrik dari mobilnya. Kemudian pastikan juga agar aki mobil sudah diisi penuh jika Anda tidak menyalakan mobil selama satu atau dua minggu. Kemudian jangan biarkan aki mobil kering dan panaskan mobil secara rutin agar Anda tetap bisa memastikan kondisi mobil Anda tetap baik setiap harinya.

Kalau perlu upayakan Anda hindari korosi. Mengapa? Karena korosi atau karat pada terminal aki dapat membuat umur aki bisa jauh lebih pendek dari semestinya.

Jangan lupa juga untuk Anda periksa adanya kabel yang longgar serta periksa dudukan aki mobil Anda. Dudukan aki yang berkarat dianjurkan untuk diganti secepatnya. Dan dudukan yang rusak atau berkarat akan berpotensi membuat posisi aki tidak stabil sehingga akan bergetar atau pindah posisi yang pada gilirannya akan membuat umur aki semakin pendek.

Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Trik Memperpanjang Umur Aki Mobil. Semoga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *