Tuesday, 20/10/2020 | 5:11 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Memeriksa Tegangan Aki Mobil Dengan Multi Meter

Tips Memeriksa Tegangan Aki Mobil Dengan Multi Meter

Mobil Anda tiba – tiba saja tidak bisa distarter? Jika memang mobil Anda secara tiba – tiba tidak dapat distarter bahkan didampingi dengan masalah lampu redup atau tidak menyala sama sekali maka bisa jadi hal ini karena aki mobil Anda yang bermasalah.

Untuk memeriksa tegangan aki mobil Anda salah satu alat yang dapat digunakan yaitu multimeter. Sebuah multimeter ini dapat memeriksa dan menguji berbagai komponen listrik didalam mobil Anda termasuk juga aki mobil. Multimeter sendiri dapat mudah digunakan akan tetapi sebagai informasi langkah – langkah menggunakan multimeter untuk periksa tegangan aki mobil bisa Anda cek dulu informasinya berikut ini.

Tips Memeriksa Tegangan Aki Mobil Dengan Multi Meter

Beberapa langkah memeriksa tegangan aki mobil dengan menggunakan multi meter yang perlu Anda terapkan diantaranya :

  • Pertama – tama Anda buka dulu kap mobil dan kemudian temukan posisi aki secara langsung. Anda bisa cek terminal positif (+) pada aki dan lepaskan pelindung pada terminal positif.
  • Hubungkan juga kabel positif multi meter (warna merah) ke terminal positif aki mobil Anda. Dan hubungkan kabel negatif multi meter (warna hitam) menuju ke arah terminal negatif pada aki mobil Anda.
  • Jika aki mobil berfungsi upayakan tegangan pada meteran multi meter harus terbaca antara 12,5 sampai dengan 12,8 volt jika bacaan memang kurang dari 12,5 volt tentu Anda perlu melakukan charge aki mobil Anda.

Kemudian selanjutnya periksa juga aki mobil dengan multimeter setelah mobil dinyalakan. Bagaimana caranya?

  • Lakukan pengukuran ketika mesin mobil dinyalakan. Anda bisa langsung hubungkan kabel positif multi meter (warna merah) ke terminal positif aki mobil dan kabel negatif multi meter (warna hitam) ke terminal negatif aki mobil.
  • Periksa hasil pengukuran apakah tegangan berada pada rentang 13,5 – 14,5 volt atau lebih. Jika memang tegangan kurang dari 13,5 volt tentu hal ini berarti bahwa alternator tidak memproduksi cukup arus untuk mengisi aki.
  • Kemudian lakukan pengujian alternator di bengkel mobil Anda. Anda mungkin perlu mengganti alternator alih – alih aki mobil Anda.

Demikian sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Tips Memeriksa Tegangan Aki Mobil Dengan Multi Meter. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *