Monday, 26/10/2020 | 4:02 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Teknik Menikung Dalam Arena Balapan Moto GP

Teknik Menikung Dalam Arena Balapan Moto GP

Moto GP ini adalah salah satu kelas dari lomba balap motor GP world championship yang awalnya didirikan oleh FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) pada tahun 1949. Motor yang digunakan dalam ajang arena balapan moto GP ini adalah motor yang dibuat dengan tujuan balapan dan tidak tersedia untuk publik. Biasanya motor balap dalam kelas moto GP ini menggunakan mesin empat langkah dan juga didukung bersama kapasitas mesin yang berkisar antara ukuran 800 sampai dengan 1000 cc.

Dalam arena balap moto GP, ada berbagai macam teknik yang dilakukan untuk bisa menjadi pemenang dan lolos dalam semua arena yang dilalui. Salah satunya ada yang diberi nama teknik menikung dalam arena balapan moto GP. Lantas seperti apa teknik menikung ini dilakukan oleh para pembalap moto GP?

Teknik Menikung Dalam Balapan Moto GP

Memang ada begitu banyak teknik menikung yang digunakan para pembalap moto GP ketika sedang bertandang di area lintasan motor. Salah satunya adalah teknik hanging off yang biasa digunakan oleh seorang pembalap asal Spanyol, Marc Marquez Alenta.

Kemudian ada juga teknik menikung yang biasa digunakan oleh Valentino Rossi dimana teknik yang dilakukan ini lebih dikenal dengan nama The Rossi Leg Wave. Ia juga bahkan berupaya menggantungkan kakinya dari motor ketika melakukan arahan menikung di lintasan. Dan hal ini juga turut menunjukkan bahwa setiap pembalap punya teknik menikung yang berbeda – beda.

Selain teknik menikung yang dilakukan, ban yang digunakan oleh motor balap dalam arena moto GP juga berpengaruh atas kecepatan motor ketika menikung. Ban ini bahkan juga memiliki spesifikasi yang berbeda dibandingkan dengan motor biasanya. Selain soal harga yang memang fantastis, struktur ban ini juga dibuat sangat berbeda. Bahkan jenis ban yang digunakan juga tergantung dengan kondisi sirkuit. Ada jenis ban untuk sirkuit kering, basah dan juga setengah kering setengah basah.

Itulah beberapa Teknik Menikung Dalam Balapan Moto GP yang biasanya seringkali dilakukan seorang rider di arena balap motor. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *