Tuesday, 27/10/2020 | 9:44 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Langkah-Langkah Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Langkah-Langkah Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

 

Otolibs.com – Sebagai Warga negara yang baik kita wajib untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Pembayaran tersebut bisa kita lakukan pada ksntor samsat (sistem administrasi manunggal satu atap) sesuai domisili kendaraan.

Lalu bagaimanakah cara membayar PKB tersebut? Hal yang paling pertama harus kita lakukan adalah menyiapkan berkas-berkas.

Berkas-berkas yang harus kita persiapkan adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopinya, Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) asli dan fotokopinya.

Untuk mempersingkat waktu, kita harus melakukan persiapan ini sebelum menuju ke kantor samsat. Setelah kita melengkapi berkas-berkas, langkah yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mengisi formulir permohonan perpanjang STNK. Formulir tersebut dapat kita peroleh di loket yang telah di sediakan disana sesuai dengan jenis kendaraan.

Lalu formulir yang telah diisi dan berkas2 yang diperlukan kita serahkan ke loket penyerahan dan pengecekan data. Apabila data kita sudah lengkap, kita akan segera di panggil untuk menerima slip pembayaran.

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran di loket selanjutnya dan anda pun akan menerima bukti pembayaran pajak STNK.Lalu bawa bukti tersebut ke loket pengambilan untuk mendapatkan STNK yang baru.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *