Saturday, 31/10/2020 | 3:26 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Cara Merawat Motor yang Sering Terkena Hujan

Motorists ride their motorcycles through a flooded intersection

Sekarang ini hujan memang menjadi hal yang sangat menakutkan bagi masyarakat. Akibat hujan yang terus menerus hal tersebut mengakibatkan banjir dimana-mana. Tentu saja bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor harus melakukan perawatan ekstra terhadap kendaraan Anda.

Hal ini disebabkan air hujan memiliki kandungan asam yang dapat menyebabkan cat kendaraan motor menjadi luntur. Untuk itu, jika musim hujan perawatan motor sangatlah penting dalam menjaga performa kendaraan anda.

Berikut  Tips Sederhana yang dapat Anda lakukan jika merawat motor di musim hujan.

Mencuci Motor

Upayakan waktu anda untuk langsung mencuci motor dengan menggunakan air biasa jika terkena hujan. Hal ini adalah untuk mencegah timbulnya karat karena air hujan mengandung asam yang sangat mudah berkarat.

Adanya Tambahan Tekanan Ban

Jika Anda sering menerobos genangan air hujan maka Anda harus segera memeriksa tekanan udara pada ban. Anda dapat menekannya dengan menggunakan jempol tangan apakah tekanan udaranya masih atau perlu ditambah. Jika tekanan ban kurang maka akan menyebabkan permukaan telapak ban menjadi bersentuhan langsung dan akan menyebabkan ban menjadi tipis.

Kanvas Rem dan Piston Cakram Rem

Cakram rem motor terbuat dari bahan asbes yang bila terkena air hujan maka akan sangat mengeras dan menggelumbung ketika sudah kering. Sehingga jika Anda mencuci motor maka sebaiknya anda menginjak pedal rem agar kanvas kering.

 Busi

Komponen busi ini sangat berperan penting pada motor pasalnya tanpa busi motor tidak akan bisa berjalan. Sebaiknya Anda langsung mengecek busi apabila terkena air hujan dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi lalu ditiup agar bersih dan air yang ada pada bagian busi bisa hilang.

Kotak Saringan Udara

Anda sebaiknya memperhatikan juga kotak saringan udara. Karena jika motor anda terkena air hujan dan komponen kotak saringan udara ini basah hal tersebut akan membuat adanya pembakaran diruang bakar mesin sehingga akan terganggu.

Knalpot

Anda sebaiknya membersihkan knalpot juga karena pada musim hujan kotoran air selalu menempel pada knalpot. Oleh karena itu penting sekali untuk membersihkan knalpot agar system pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan baik.

Caranya adalah dengan menyemprotkan oli ke dalam knalpot dan leher knalpot dengan grease. Jika sudah bisa dipasang kembali maka panaskan motor kurang lebih 5 menit.

Itu dia cara merawat motor bila dimusim hujan. Karena musim hujan akan membuat performa motor menjadi berkurang dan kurang bersahabat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *