Thursday, 29/10/2020 | 10:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Di Indonesia Tidak Semua Produk Aftermarket Berstandart SNI

2. Di Indonesia Tidak Semua Produk Aftermarket Berstandart SNI

Untuk beberapa produk yang ada di Indonesia tidak semuanya sudah mendapatkan sertifikat SNI atau Standar Nasional Indonesia. Salah satunya adalah produk-produk aftermarket otomotif. Sudah diakui oleh Direktur Industri Maritim Yan Sibarang Tandiele, bagian Alat Transportasi dan Pertahanan Kementrian Perindustrian.

Menurut direktur tersebut SNI bukan hanya sekedar pajangan saja, tapi semua produk Indonesia harus memili kualitas yang bertsandar SNI. Karena banyaknya produk aftermarket, tidak semua produk memiliki standar SNI. Ada produk yang sudah memiliki SNI tapi ada juga yang belum.

Menurut direktur Industri Maritim, Standar Nasional Indonesia ini diberikan untuk memberikan kepastian dari produk yang aman untuk lingkungan hidup manusia. SNI ini dijadikan sebagai alat perlindungan industri didalam negeri.

Pemberian SNI sudah ada pada undang-undang pasal 1 angka 3 peraturan pemerintah No 102 tahun 2000, SNI merupakan standart yang sudah ditetapkan oleh Badan Standararisasi Nasional dan hal ini berlaku untuk skala Nasional.

Beberapa produk yang sudah memiliki standar SNI seperti aftermarket roda dua dan roda empat. Untuk sepeda motor semua bagian harus sudah SNI dari helm, jaket kulit, sarung tangan kulit, aki, minyak pelumas motor, bensin, ban sepeda motor, pelek kedua roda motor, karet pegangan setang/grip handel pada sepeda motor dan kaca spion.

Untuk mobil yang harus berstandar SNI dari penghapus kaca atau wiper, kaca pengaman diperkeras, kaca pengaman berlapis atau laminated glass, kaca spion, ban mobil penumpang dan lampu utama untuk kendaraan roda empat. Dari produk aftermarket tersebut masing-masing juga memiliki nomer SNI tersendiri.

Tidak sedikit dari pengusaha aftermarket yang dipusingkan dengan adanya kabar razia produk aksesoris yang belum memiliki standar SNI. Tetapi anda tidak perlu khawatir jika tidak semua komponen atau akesoris dari mobil dan sepeda motor sudah berstandar SNI karena dari pembentuknya atau proses pembuatannya pasti semua sudah memiliki standar dari masing-masing pabrik.

Aksesoris yang harus memiliki standar SNI di atas dapat membantu para pedangang aksesoris atau juga konsumen yang akan membeli produk aftermarket. Walaupun semua produk memilki fungsi tersendiri dan memainkan salah satu peran penting, tapi masih banyak produk aftermarket yang belum SNI.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *