Friday, 23/10/2020 | 6:05 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Inilah Cara Mudah Deteksi Kerusakan Pada Compressor AC

Inilah Cara Mudah Deteksi Kerusakan Pada Compressor AC - Copy

Sekarang ini orang yang memiliki kendaraan mobil sering mengalami kerusakan dan banyak mengalami kompressor pendingin udara  yang tidak berfungsi. Fungsi  utama dari compressor tentu saja untuk mengubah tekanan gas freon dari tekanan rendah menjadi tekanan tinggi. Hal ini tentu saja penting agar freon dapat mengikat dan melepas energi panas sehingga akan membuat suhu kabin lebih dingin dari udara luar.

Banyak sekali penyebab terjadinya kerusakan pada kompressor pendingin mobil misalnya saja piston kompressor yang aus. Jika beberapa pekan hal tersebut dibiarkan maka tidak masalah. Akan tetapi jika lama kelamaan muncul efek samping yakni AC menjadi tidak dingin ketika mobil berjalan perlahan.

Penyebab kerusakan kompressor pendingin mobil tentu akan berdampak pada hilangnya kompresi ketika mulai dioperasikan. Gejala apabila compressor sudah rusak adalah adanya uap embun berwarna coklat dan AC kurang dingin ketika melaju pada putaran mesin yang rendah. Sehingga akan berubah menjadi dingin ketika melaju kencang.

Penyebab lainnya karena adanya kebocoran saluran pada AC kendaraan. Hal tersebut tentu saja ditandai dengan muncul bunyi di sistem pendingin. Jika hal ini dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan kerusakan pada mobil anda.

Lambat laun oli pada kompresor akan keluar sedikit demi sedikit sampai habis. Piston yang ada pada kompresor juga akan aus dan akhirnya akan menimbulkan bunyi yang tidak diharapkan. Apabila sudah terjadi hal seperti itu maka sebaiknya anda harus mengganti kompresor baru  karena sudah tidak ada solusi lain jika sudah rusak seperti itu.

Penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena fin kondesor yang kotor, hal tersebut akan membuat freon meningkat dan jika ampere compresor naik atau melebihi standar hal itu akan mengalami over temperature atau kerusakan.

Solusinya adalah dengan mencari titik kebocoran sebelum ditambah freon. Biasanya terjadi pada sambungan neple pipa tembaga yang bisa kurang kencang atau bisa juga pipa pecah dan hasil pleringan menjadi lipatan. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya bekas oli pada sambungan tersebut.

Itulah beberapa penyebab kompresor  bisa rusak akibat kelalaian pemilik yang kurang peka terhadap mesin atau  tanda-tanda kerusakan pada mobil yang dimilikinya. Sebaiknya anda sering mengecek mobil dan melakukan perawatan secara rutin.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *