Monday, 26/10/2020 | 9:18 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Kelemahan Penggunaan Standar Samping Pada Motor

Kelemahan Penggunaan Standar Samping

Pada setiap sepeda bermotor pasti terdapat 2 standar, standar tengah dan samping yang memiliki fungsi masing-masing. Standar ini juga tidak terkecuali, baik motor bebek, matic atau juga sport. Kedua standar tersebut juga saling melengkapi dalam penggunaannya.

Standar tengah pada sepeda motor memiliki beberapa kelebihan seperti kestabilan motor saat sedang diparkir yang tidak memiliki ruang terlalu luas. Saat anda parkir pada lantai yang tidak rata, gunakan juga standar tengah. Bagi anda yang suka duduk diatas motor dengan waktu yang lama, sebaiknya gunakan standar tengah juga.

Standar tengah tersebut akan membuat sepeda motor lebih kokoh, dapat memperpanjang usia ban dan shockbreaker. Tapi jika anda menggunakan standar samping, beban pada motor hanya ditahan oleh ban dan juga shockbreaker pada sebelah kiri saja. penggunaan standar tengah juga lebih baik jika anda ingin meninggalkan ditempat parkir dengan jangka waktu lama.

Cara menggunakan standar tengah dengan berdiri pada sisi sebelah kiri dari sepeda motor, letakkan tangan kiri anda pada setang motor sebelah kiri, tangan kanan pada pegangan bagian belakang motor. Pastikan tanah dibawah sepeda motor kuat untuk sepeda motor, cari posisi tanah atau lantai yang rata untuk dudukan standar/roda depan dan belakang.

Injak standar tengah dengan kaki kiri anda, usahakan berat badan anda seimbang pada kedua kaki, condongkan badan kearah belakang selagi anda menarik motor dengan tangan kanan ke arah belakang. Sedangkan untuk motor bebek dan matic anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar, tapi untuk motor sport dengan mesin lebih dari 150 cc anda tetap membutuhkan tenaga yang besar.

Ada beberapa motor yang tidak memiliki standar tengah seperti motor sport full fairing CBR150R dan Honda Big Bike. Tidak adanya standar tengah pada motor tersebut karena bagian bawahnya sudah ditutup fairing.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *