Wednesday, 28/10/2020 | 11:59 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Hati-hati, Mulai April Akan Ada Razia STNK

Hati-hati, Mulai April Akan Ada Razia STNK

Otolibs.com – Di zaman seperti ini ternyata banyak pengguna kendaraan bermotor yang tak tertib dalam hal pembayaran pajak. Di daerah Ibukota, DKI Jakarta jutaan kendaraan belum melakukan registrasi atau daftar ulang supaya data-data kendaraan tersebut terekam oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) DKI Jakarta.

Diambil dari data rekapitulasi data oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI, sebanyak 600 ribu unit yang belum melakukan daftar ulang. Padahal secara hukum hal itu tercatar dalam Undang-undang.

“Sesuai Pasal 70 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa masa berlaku STNK adalah 5 tahun dan wajib setiap satu tahun mendapat pengesahan,” jelas AKBP Budiyanto selaku Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya kepada Detik.com, Minggu (19/3).

Untuk melakukan penertiban terkait masalah ini, akan dikerahkan petugas gabungan yang akan melakukan operasi tertib STNK. Namun sebelum hal itu dilakukan, akan diadakan sosialisasi kepada masyarakat.

“Saya belum tahu kapan razianya dilaksanakan. Tetapi antara akhir April atau awal Mei 2017. Nanti dari Pemda DKI sebagai leading sector-nya,” ungkap Budiyanto.

Pihak yang dilibatkan dalam razia ini tentunya adalah Badan Pajak dan Retribusi Daerah, serta pihak-pihak lain seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *