Thursday, 22/10/2020 | 6:59 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Penyebab Ban Kendaraan Hilang Traksi

7. Penyebab Ban Kendaraan Hilang Traksi

Traksi merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah kendaraan. Traksi merupakan gaya gesek maksimum yang dihasilkan oleh kedua permukaan tanpa mengalami slip. Traksi juga berarti gaya gesek antara ban dengan permukaan jalan atau aspal. Tapi saat anda kehilangan traksi, berarti termanifestasi seperti slip ban menjadi tidak maksimal

Bagi anda yang berkendara sendiri sebaiknya wajib untuk berhati-hati saat melalui genangan air terutama dengan kecepatan tinggi. Cuaca saat hujan ini membuat keterbatasan dalam penglihatan dan kondisi jalan juga menjadi lebih licin. Hal tersebut sangat berbahaya dan dapat menjadi penyebab dari kecelakaan.

Beberapa hal pada kendaraan yang dapat kehilangan traksi seperti kondisi kendaraan, kondisi jalan dan tindakan dari pengemudi tersebut. Kondisi jalan dapat mempengaruhi traksi menjadi hilang dengan keadaan yang basah, genang lumpur, adanya tetesan minyak atau oli, permukaan jalan yang rusak, bersalju dan jika ada pasir yang tidak solid sebaiknya menghindari hal-hal tersebut.

Untuk kondisi kendaraan, anda harus memeriksa secara rutin pada rem dan ban yang dapat mempengaruhi traksi. Kampas rem yang sudah mulai habis dan roda depan tidak seimbang ini juga dapat menyebabkan traksi menjadi hilang. Perhatikan tapak ban dan tekanan ban yang tidak sesuai.

Sebagai pengemudi anda juga harus memperhatikan traksi, traksi juga dapat hilang apabila anda mempercepat kendaraan saat dalam kondisi jalan yang licin. Terlebih lagi anda langsung menginjak rem secara tiba-tiba, belok secara berlebihan maka traksi juga akan hilang. Tapi ada juga beberapa pengemudi yang dapat kehilangan traksi.

Hal tersebut karena pengemudi kaget dan panik saat tiba-tiba ada yang muncul, kemudian langsung menginjak paksa rem untuk menghindari objek tersebut. Karena ban kehilangan traksi dan kemudi tidak dapat dikendalikan maka objek tidak dapat dihindari yang pada akhirnya bisa terjadi kecelakaan. Pada penggunaan rem yang belum ABS sebaiknya saat melakukan pengereman rem ditekan dan lepas.

Itulah beberapa penyebab hilangnya traksi pada kendaraan, diharapkan anda dapat lebih berhati-hati lagi dalam berkendara. Traksi juga tidak hanya pada mobil saja tapi juga pada sepeda motor. Sebagai pengendara sebaiknya anda juga tidak hanya mengetahui saja tapi juga memahami hal-hal tersebut.

Tags:
About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *