Saturday, 31/10/2020 | 1:00 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

3 Penyebab Mesin Sering Overheat

3 Penyebab Mesin sering Overheat

Otolibs.com – Untuk pemilik kendaraan yang mesin mobilnya sering mengalami overheat, jangan sekali-kali meremehkan masalah ini. Hal ini karena akibat fatal dari masalah yang satu ini adalah kecelakaan. Mobil bisa saja mogok tiba-tiba atau bahkan berhenti di tengah kecepatan tinggi.

Mesin overheat biasanya dialami oleh kendaraan tua atau lawas. Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada kendaraan yang masih baru. Terlebih mengingat banyak mobil yang suka diakal-akali oleh oknum demi kepentingan harga yang lebih murah dari persaingan antar penjual mobil baru. Untuk itu, ada sejumlah penyebab mesin sering overheat yang harus Anda tahu.

Penyebab Mesin Sering Overheat

Selangdan Radiator

Anda harus pastikan radiator dalam kondisi baik, komponen lain yang berhubungan langsung dengan radiator. Bila overheat terjadi karena radiator, maka bawalah ke spesialis radiator atau ganti dengan yang baru. Ingat! Cairan dalam radiator jarang berkurang bila dalam kondisi baik.

Cairan Radiator

Air lama kelamaan akan menyebabkan ‘kerak’ pada radiator. Untuk itu, Anda harus mencari air yang bebas dari logam. Akan lebih baik bila Anda menggunakan air hasil sulingan AC, air dalam kemasan atau pun cairan coolant radiator.

Tapi jika Anda sudah bertahun-tahun menggunakan air biasa kemudian diganti dengan cairan coolant justru malah merontokkan erak dalam radiator sehingga dapat menyumbat.

Jika Anda menggunakan non coolant maka minimal sebulan sekali harus diganti. Dijamin, belum satu bulan air pasti sudah berubah warna jadi keruh. Sedangkan bila menggunakan coolant, pastikan Anda meilih yang paling baik kualitasnya dan harus diganti secara berkala.

Kualitas Oli yang Digunakan dan Oli Cepat Berkurang

Oli yang berkualitas buruk tidak akan tahan panas. Hal ini menyebabkan oli menguap dan berkurang. Jika sudah begini, mesin menjadi bekerja lebih kasar karena kekurangan oli.

Gesekan yang terus menerus tesebut akan membuat suhu mesin cepat dan lebih panas dari suhu normal. Tapi, oli cepat berkurang juga bukan sebuah ukuran yang pasti jika oli tersebut berkualitas jelek, karena bisa saja hal itu disebabkan oleh mesin bocor.

Itulah sejumlah penyebab mesin sering overheat yang harus Anda ketahui. Semoga dengan informasi di atas, Anda lebih peduli lagi pada kondisi kendaraan Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *