Friday, 30/10/2020 | 11:06 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Sokon Siap Saingi Daihatsu dan Suzuki

Sokon Siap Saingi Daihatsu dan Suzuki

Otolibs.com – Indonesia rupanya masih memiliki daya tarik yang kuat bagi para produsen mobil. PT Sokonindo Aoutomobil pemegang merek DFSK yang tidak lain produsen asal China menyusul Wuling meramaikan pasar mobil di Tanah Air.

Peluncuran Dua Pilihan Mesin Berbeda

Tak seperti Wuling, sebagai permulaan Sokon memilih pikup yang merupakan kendaraan niaga yang diberinama Super Cab. Bahkan untuk menarik perhatian konsumen Indonesia, Sokon menyuguhkan sajian berbeda dengan meluncurkan dua pilihan mesin, yaitu 1.500 bensin dan 1.300 turbo diesel.

Meski terlihat menarik, namun apa sebenarnya kelebihan Sokon untuk bersaing sengit di segmen pikap? Terlebih, dari segi mesin Super Cab 1.5L Sokon bakal bersaing dengan sejumlah competitor, seperti Daihatsu Gran Max dan Suzuki Mega Carry.

Terkait hal ini, Dui Xian Jun selaku Marketing Genera Manager PT Sokoindo Automobil menjelaskan bahwa produknya memiliki sejumlah keunggulan untuk bersaing ketat dengan para kompetitornya.

“Dilihat dari harga, kami lebih rendah dari varian pikap yang sudah ada di pasaran. Super Cab pun unggul di kabin dan juga mesin,” ungkap Du Xian menjelaskan soal kelebihan Sokon dalam menghadapi pesaingan di pasari otomotif Indonesia di Jakarta Fair Kemayoran, Sabtu (8/7/2017).

Dimensi yang dimiliki oleh Super Cab sendiri memiliki panjang 4.280, lebar 1.810 mm, tinggi 1890 mm dan sumbu roda 2.750. Sementara itu untuk kargonya memiliki panjang 2,5 meter dan telah diklaim mampu mengakut banyak barang.

Jika dibandingkan langsung dengan Grand Max, Super Cap lebih unggul. Begitu pun dengan Suzuki Carry atau pun Suzuky Mega Carry, Dimensi yang dimiliki Sokon Super Cab lebih luas.

Perbedaan Tenaga Mesin Sokon

Kedua pilihan mesin yang ditawarkan oleh Sokon memiliki tenaga yang berbeda. Pertama, mesin 1.5L mampu menghasilkan tenaga 75 PS dan torsi 140 Nm dengan maksimal daya angkut 1.270 kg. Sedangkan untuk mesin 1.3L turbodisel menghasilkan tenaga 55 PS, torsi 190 Nm, dan juga memiliki kemampuan angkut yang lebih besar dari varian bensin, yakni 1.450 kg.

Mesin dieselnya merupakan mesin buatan Fiat yang diimpor langsung dari Italia. Dilihat dari standarisasi, mesin ini pun telah sesuai dengan standar Euro IV tapi dibuat khusus untuk menyesuaikan penggunaan pasar di Indonesia.

“Mesin bensin kami telah sesuai dengan standar Euro V dan yang diesel Euro IV. Hal ini pun menjadi salah satu nilai lebih yang dapat kami tawarkan untuk konsumen karena cukup ramah lingkungan,” ungkap Du Xian.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *