Wednesday, 21/10/2020 | 12:31 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Solusi Mengurangi Kecelakaan Roda Dua di Jalanan

aa

Otolibs.com – Secara stastistik kasus kecelakaan di jalan raya sejauh ini menunjukkan bahwa pengendara kendaraan roda dua berada di urutan teratas. Seperti data yang diambil dari Jasa Raharja terkait dengan kondisi selama prosesi mudik yang baru saja terlewati, menunjukkan bahwa telah terjadi sebanyak 3.308 kasus kecelakaan.

Yang menyedihkan adalah dari data tersebut, sebanyak 1.743 orang korban adalah pengendara sepeda motor. Sedangkan sisanya, adalah penumpang kendaraan roda empat.Dengan data sebanyak itu, upaya untuk mencegah terulangnya kecelakaan sudah banyak dilakukan. Termasuk dengan himbauan untuk tidak mudik dengan sepeda motor.

Tetapi nampaknya kepraktisan dan juga beberapa faktor pendukung lainnya seperti kehabisan tiket transportasi umum, membuat banyak pemudik masih tetap memilih untuk pulang ke kampung halaman menggunakan sepeda motor.

Inovasi Untuk Mengurangi Kecelakaan Sepeda Motor

Air Bag

Salah satu inovasi terbaru yang dikembangkan untuk mengurangi risiko jatuhnya korban dari sisi pengendara kendaraan roda dua adalah dengan membuat airbag yang akan ditempatkan di tengah stang. Adaptasi airbag pada mobil ini diambil dengan analogi tingkat keselamatan yang dihasilkan airbag pada penumpang roda empat.

Untuk itu para produsen kendaraan roda dua juga mulai mengembangkan fitur keamanan airbag layaknya pada mobil.

Penggunaan airbag pada sepeda motor ini sudah diuji coba oleh tim dari Honda baru-baru ini dengan menempatkan airbag pada Honda PCX150. Pada pengujiannya, motor tersebut ditabrakkan pada sebuah mobil pada kecepatan 50 km/jam. Hasilnya airbag yang dipasang pada bawah speedometer bisa mengembang dan meluputkan pengendara dari benturan.

Untuk penggunaan airbag secara luas memang belum bisa dipastikan karena harus melalui riset mendalam dan melakukan lebih banyak percobaan dengan kemungkinan benturan selain di dada dan kepala. Walau demikian, penemuan ini merupakan angin segar bagi para bikers.

Sistem Keamanan dari Bosch

Menyikapi banyaknya kecelakaan yang memakan korban pengendara sepeda motor, Bosch dalam Bosch Mobility Experience berupaya untuk menciptakan sistem yang dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Sistem tersebut sudah dan akan terus dikembangkan di bawah nama Motor Stability Control (MSC).

Sistem MSC ini memiliki beberapa fitur keamanan untuk sepeda motor. Seperti ESP, kemudian sistem pengereman ABS untuk e-bike atau sepeda elektrik  dan yang terakhir adalah perisai digital untuk kendaraan bermotor roda dua.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *