Tuesday, 27/10/2020 | 10:02 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ternyata Begini Asal Usul Nama Jaguar

jaguar-1076207_1920

Otolibs.com – Jaguar sampai saat ini masih menempati urutan atas merk mobil mewah yang digemari kalangan elit. Merk mobil yang sekarang berada di bawah naungan Tata Motors ini memang sudah menjadi ikon mobil berkelas sejak puluhan tahun lalu. Di tanah air sendiri pemilik mobil dengan emblem hewan buas ini juga tidak sedikit, kesemuanya adalah orang-orang dari kalangan berada.

Namun siapa sangka ternyata mobil ini dulunya tidak bernama Jaguar. Pabrikan mobil asal Blackpool, Inggris ini juga tidak memakai nama pendirinya sebagai nama untuk merk mobil mereka. Sejarah pengambilan nama untuk merk ini memang cukup unik.

Sejarah Nama Jaguar

Awal Berdirinya

Jaguar merupakan salah satu mobil paling keren dalam sejarah. Awalnya nama dari perusahaan ini adalah Sidecar Swallow Company, yang didirikan oleh William Lyins atau yang kemudian dikenal dengan Billy Lions bekerja sama dengan tetangganya di Blackpool, Inggris, yaitu William Walmsley.

Saat itu Billy Lyons baru berusia 21 tahun saat memutuskan untuk memulai usaha. Mobil produksi pertama mereka adalah mobil sport. Usaha mereka baru memperlihatkan hasil ketika  peluncuran Jaguar yang pertama pada tahun 1932.

Pada tahun 1945, semua mobil yang dibuat oleh Lyons dan Walmsley mengusung inisial SS, yaitu singkatan dari Sidecar Swallow. Namun wacana penggantian nama dimunculkan setelah perang dunia II, hal ini karena nama SS menyerupai bentuk dari lambang Tentara Perang Dunia II Jerman, Nazi.

Alasan Pemilihan Lambang

Pemilihan Jaguar sebagai perubahan nama dari Sidecar Swallow bukan tanpa alasan. Kucing besar yang masuk dalam genus Panthera ini sudah terkenal dengan keanggunan, kecepatan dan juga kekuatannya. Ketiga kelebihan dari kucing liar ketiga setelah singa dan harimau ini dianggap mampu menggambarkan performa tiap mobil yang diproduksi oleh pabrikan ini. Untuk itulah nama Jaguar dipilih.

Jaguar juga merupakan kucing terbesar di belahan bumi barat. Analogi ini diharapkan juga bisa membawa mobil Jaguar menjadi yang terbesar di antara pabrikan mobil mewah lainnya. Untuk itulah sampai sekarang lambang kucing besar dengan posisi lompat ini masih dipakai sampai sekarang.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *