Tuesday, 27/10/2020 | 9:09 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Ban Tubeless Tidak Mudah Rusak

Tips Ban Tubeless Tidak Mudah Rusak

Otolibs.com – Ban Tubless awalnya adalah ban yang diperuntukkan bagi sepeda gunung. Ban Tubless memang memiliki daya cengkram dan daya tahan yang lebih kuat dibanding ban biasa. Hal ini karena ban yang menggunakan isi nitrogen ini menggunakan bahan karet yang lebih tebal, ditambah kawat baja yang membuat ban lebih kuat dan lebih memudahkan pengendara untuk bermanuver dengan kecepatan tinggi.

Ada beberapa tips agar ban tubless tidak mudah rusak sehingga bertahan lebih lama.

Tips Ban Tubless Tidak Murah Rusak

Secara Berkala Periksa Tekanan Ban

Pemeriksaan ini sangat penting dilakukan supaya ban awet lebih lama. Alat yang bisa memeriksa tekanan ban ini disebut Vitatools. Ban dikatakan memiliki tekanan yang stabil jika berkisar di ukuran 32 psi untuk bagian depan dan 38 psi sampai 40 psi di bagian belakang.

Tapi ingat, lakukan hal ini saat ban dalam keadaan dingin. Karena, bila dilakukan saat ban dalam keadaan panas, udara dalam ban sedang mengalami proses pemuaian sehingga udara menekan ke segala arah dengan tidak stabil. Hal ini tentu menyebabkan ukuran tekanan ban akan menjadi lebih kecil saat ban sudah dingin.

Selalu Pastikan Bahu dan Telapak Ban dalam Kondisi Baik

Periksa bahu dan telapak ban secara berkala. Untuk memastikan keausannya, Anda bisa memeriksa tanda D yang terdapat pada bahu ban. Keausan maksimum adalah saat tanda D sudah mulai rata pada ban atau memudar.

Jangan Membebani Kendaraan Secara Berlebihan

Sebagian orang kendaraan sering digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah yang besar. Tapi ternyata, memaksakan beban berlebih pada kendaraan tentu dapat menyebabkan ban tubless menjadi cepat rusak dan aus. Tidak hanya ban, bagian lain dari kendaraan pun akan terkena dampak negative bila kendaraan dipaksa membawa beban lebih.

Hindari Berkendaraan Saat Ban dalam Keadaan Kempes

Ban tubless memang terkenal dengan ketahanannya, tapi bukan berarti ban tubless tak mengalami pengempisan. Cara yang paling mudah dalam merawat ban tubless adalah dengan langsung memompa tekanan ban standar saat ban mengalami pengempisan. Jika nekat berkendara saat ban kemps, resikonya adalah velg akan rusak atau bahkan terlepas.

Kebersihan Ban HarusDijaga

Kebersihan ban harus diperhatikan karena sangat penting. Dengan menjaga kebersihan ban, usia ban bisa menjadi lebih lama dan ban pun tidak mudah aus.

Saat Ban TertancapRanjauPaku

Ingat, jangan langsung mencabut paku dari ban begitu saja. Karena ini bisa menyebabkan udara dalam ban habis sehingga beresiko ban lepas dari vleg atau bahkan merusak veleg itu sendiri. Hal yang benar adalah segera cari bengkel khusus yang dapat memperbaiki ban tubless. Jangan sekali-kali memilih bengkel secara asal.Itulah sejumlah tips cara agar ban tubless tidak murah rusak.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *