Friday, 30/10/2020 | 3:41 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Ban Cadangan Lexus LC500 Sedan Sport

Ban Cadangan Lexus LC500 Sedan Sport

Otolibs.com – Biasanya di jajaran mobil premium dan model sport, terdapat ban yang sudah dilengkapi dengan teknologi Run Flat Tyre atau RFT. Ban tersebut diklaim tetap dapat digunakan selama berjalan meskipun dalam kondisi ban yang bocor, tapi dalam jarak tempuh dan kecepatan tertentu.

Tapi ban tersebut juga berujung pada pengalpalan dan dianggap membebani performa. Hal ini tidak dilakukan pada sedan sport model LC 500 dan mereka tetap memberikan ban cadangan tanpa penawaran.

Ban Cadangan Lexus LC 500

Lexus Indonesia mengklaim LC 500 telah menjadi mobil sport pertama dan satu-satunya yang menggunakan ban cadangan, berada di bagasi belakang mobil.

Lexus juga menyediakan ban serep meskipun sudah RFT dan the only sport car dengan ban serep. Pihak Lexus ingin memberikan keamanan untuk para konsumennya secara ganda meskipun ada juga piihan untuk membiarkan ban cadangan di mobil atau untuk mengeluarkannya.

Selain itu keberadaan ban cadangan juga merupakan hal yang wajib, menurut Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Teknologi RFT

Teknologi RFT merupakan miliki pihak Lexus yang berbeda dengan merek lainnya. Apalagi teknologi ini memliki komposisi utama pembentuk ban, untuk ban cadangan Lexus LC 500 dipasok oleh Bridgestone.

Sedangkan kebanyakan RFT sendiri menggunakan kawat baja, tapi berbeda RFT milik Lexus tersebut yang dibuat dengan teknologi khusus dan bahannya terbuat dari karet dengan lapisan keras.

Bridgestone juga harus menggelontorkan investasi baru dalam mengembangan teknologi baru untuk ban cadangan tersebut. Ban cadangan pada LC 500 masih dapat digunakan dengan kecepatan 80 kpj.

Kebanyakan mobil mewah sendiri saat ini memang tidak biasa menggunakan ban serep tapi menggunakan tire repair kit. Tapi ada peraturan baru untuk kendaraan roda empat ini, yang mengharuskan sekurang-kurangnya ada ban cadangan, sabuk pengaman, segitiga pengaman, pembuka roda, dongkrak yang menjadi pengganjal.

Selain itu dalam pemasangan ban cadangan kita juga sebaiknya memperhatikan kondisi ban cadangan tersebut. Seperti pada kecepatan atau jarak maksimal dan batas supaya mobil tetap dapat dikendalikan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *