Tuesday, 27/10/2020 | 2:47 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

5 Cara Membersihkan Injektor Mobil dengan Mudah

Injektor Mobil

Otolibs.com – Injektor mobil merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada mesin injeksi. Injektor mobil berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar yang terdapat pada kendaraan kedalam ruangan silinder. Keberadaan injektor sangatlah berpengaruh terhadap kinerja kendaraan Anda, khususnya mobil yang menggunakan sistem EFI (Electronic Control Unit). Pada dasarnya sistem kerja injeksi tidak dapat dipisahkan dari ECU (Electronic Control Unit).

Sekarang ini, hampir semua mobil telah menggunakan sistem injektor hal ini dikarenakan bisa menghasilkan performa atau tenaga yang baik dan bersih jika dibandingkan mobil dengan sistem karburator. Untuk itu, pastikan injektor mobil selalu dalam keadaan bersih. Adapun cara dalam membersihkan injektor akan kami ulas dibawah ini.

5 Cara Membersihkan Injektor Mobil dengan Mudah

Bersihkan Fuel Filter Terlebih Dahulu

Sebelum Anda membersihkan injektor mobil sebaiknya bersihkan fuel filter atau saringan bahan bakar terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan jika fuel filter dalam keadaan yang kotor maka kotoran-kotoran tersebut dapat masuk kembali dalam ruang injektor mobil.

Bersihkan Injektor Mobil

Setelah selesai membersihkan fuel filter, maka saatnya membersihkan injektor mobil. Adapun langkah awalnya yaitu dengan menyalakan mesin mobil, lalu buka bagian sekring injektor atau relay fuel plump. Hal ini bertujuan untuk memutuskan arus listrik yang terhudung di fule pump bensin.

Buka Seal Injektor

Setelah injektor mobil terlepas, selanjutnya adalah dengan membuka seal injektor. Pastikan komponen masih dalam keadaan baik, pembukaan injektor bertujuan untuk mempermudah supaya cairan pembersih tidak mengenai atau merusak komponen tersebut.

Bersihkan Bagian Luar Injektor

Langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian luar injektor mobil dengan pembersih khusus injektor yang disebut injector cleaner. Pastikan Anda membersihkannya mulai dari ujung injektor mobil atau bagian yang lebih sering tertempel karbon.

Pasang Adaptor pada Mobil

Setelah injektor mobil dalam keadaan bersih, maka saatnya Anda memasang adaptor pada mobil. adaptor ini bisa didapatkan dengan membeli ataupun merangkai sendiri. Pastikan, Anda sudah menyiapkan aki berdaya listrik 12 volt lalu pasangkan injektor cleaner. Setelah itu, pasang dari salah satu kabel negatif aki kesalah satu terminal di injektor mobil. lalu, pasangkan kabel lainnya dengan terminal injektor lainnya pula.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *