Friday, 30/10/2020 | 6:51 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

5 Penyebab Setir Mobil Bergetar ketika Kecepatan Tinggi

5 Penyebab Setir Mobil Bergetar ketika Kecepatan Tinggi

Otolibs.com – Mobil saat ini menjadi kendaraan pribadi yang paling favorite lantaran kegunaannya yang sangat fleksibel dan kaya akan manfaat. Akan tetapi karena mobil sering digunakan untuk perjalanan maka Anda harus memperhatikannya. Salah satu hal yang sering bermasalah pada mobil yaitu setir mobil yang bergerak, terlebih saat kecepatan tinggi maka getarannya akan sangat terasa.

Hal ini tentu membuat Anda tidak nyaman bukan? Oleh karenanya jangan sampai permasalahan ini terus dibiarkan dan berlarut-larut kepanjangan. Untuk itu, ada baiknya kenali beberapa hal yang dapat menyebabkan setir mobil bergetar agar Anda terhindar dari permasalahan tersebut.

5 Penyebab Setir Mobil Bergetar ketika Kecepatan Tinggi

Minimnya Perawatan Spooring Balancing

Spooring balancing merupakan salah satu perawatan mobil yang sangat penting dilakukan karena berkaitan erat dengan setir kendaraan. Apabila Anda jarang melakukan perawatan rutin pada spooring balancing maka dapat dipastikan setir mobil Anda akan bergetar. Oleh karena itu, sebaiknya service spooring balancing ketika mobil menempuh jarak 10.000 km.

Ban Mobil tidak Seimbang

Kondisi ban mobil yang tidak seimbang dapat membuat setir mobil bergetar hal ini ada keterkaitannya dengan spooring balancing yang telah dijelaskan diatas. Jika Anda jarang melakukan proses balancing otomatis dapat menyebabkan perputaran roda menjadi tidak stabil.

Kondisi Kaki yang Rusak

Kondisi kaki mobil atau understeel yang rusak seperti tie rod, racksteer, ball joint dan long tie rod dapat menyebabkan kondisi seteri mobil bergetar saat digunakan dalam kecepatan tinggi. Untuk meminimalisir hal ini maka sebaiknya ganti komponen kaki mobil dengan menggunakan spare part orisinil dan baru.

Sistem Pengereman Bermasalah

Kondisi rem mobil yang mengalami masalah juga bisa menyebabkan setir mobil bergetar. Adapun komponen rem mobil yang sering bermasalah seperti sepatu rem dan cakram. Untuk itu, pastikan Anda mengganti komponen pengereman ketika aus dengan komponen pengereman yang original dan baru.

Kondisi Velg Mobil

Penyebab setir bergetar ketika dalam kecepatan tinggi adalah kondisi velg mobil yang tidak stabil atau penyol. Velg yang rusak atau penyok akan membuat putaran menjadi oleng, sehingga akan terasa getaran pada setir. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi pengendara. Untuk itu, sebaiknya ganti velg mobil jika keadaannya memang sudah tidak memungkinkan untuk digunakan.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *