Monday, 26/10/2020 | 3:48 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Demi Keamanan Pengguna, Honda Bekali Skuternya dengan Airbag

Honda Bekali Skuternya dengan Airbag

 

 

Otolibs.com – Menaiki kendaraan bermotor roda dua atau yang dapat juga disebut dengan skuter pun memiliki tingkat bahaya yang juga tinggi layaknya menaiki kendaraan roda empat. Maka tak ayal apabila produsen skuter terus memperbarui produknya dalam segi keamanan pengguna. Hal ini dapat dilihat pada pabrikan Honda yang sedang mengembangkan sistem airbag untuk produk skuternya.

Telah diketahui bahwa pihak Honda menjalin kerjasama dengan Autolive dalam  bidang pasokan sistem keamanan yang akan digunakan untuk mengembangkan airbag tersebut. Teknologi kantung udara Honda ini memiliki fungsi keamanan yakni melindungi kepala penggunanya dari benturan yang bisa saja mengenai pengendara ketika terjadi kecelakaan dari arah samping maupun dari arah depan.

Sistem airbag yang akan diberikan sebagai salah satu fitur unggulan skuter Honda ini berfungsi sebagai kantung udara yang juga terdapat di kendaraan roda empat. Sensor akselerasi yang diberikan di bagian fairing skuter memiliki kegunaan sebagai pendeteksi adanya hantaman sehingga airbag dapat mengembang dalam waktu 0,04 detik hingga 0,05 detik.

Waktu sistem keamanan tersebut dijalankan untuk memenuhi tes uji tabrak dengan kecepatan skuter 50 kpj, airbag tersebut mengembang secara langsung sehingga memenuhi ruang yang terdapat diantara skuter serta kendaraan yang menabrak. Hal tersebut tentu akan mengurangi resiko terjadinya tabrakan di kepala penggunanya.

Tetapi dengan sistem keamanan airbag yang terdapat pada skuter Honda keluaran terbaru, pastinya memiliki keunggulan serta kekurangan yang melekat pada Airbag tersebut.

Berikut Keunggulan danKekurangan Yang Ada Pada Airbag Skuter Honda :

Keunggulan

Keunggulan yang ditonjolkan oleh airbag skuter Honda ini sudah terlihat dengan jelas yakni dapat melindungi pengendara di bagian depan ketika terjadi tabrakan dengan durasi waktu mengembang kurang dari satu detik.

Kekurangan

Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh airbag yang terdapat pada skuter Honda terletak pada sasaran pengamanannya. Airbag yang dapat mengembang dengan waktu kurang dari satu detik tersebut hanya dapat melindungi pengendara ketika terjadi tabrakan dari arah depan, tidak dipastikan dapat melindungi dari tabrakan yang berasal dari samping.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *