Wednesday, 28/10/2020 | 6:16 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Reinkarnasi Baleno, Model Hatchback Teranyar Suzuki

Suzuki Baleno

Otolibs.com – Nama Suzuki Baleno memang sudah tidak asing lagi. Produk yang pertama kali diresmikan pada tahun 1996 ini cukup laris hingga menjadi tulang punggung Suzuki pada periode 200an. Namun sayangnya produk ini harus diberhentikan produksinya pada 2010 yang lalu. Selama prosesnya, sedan ini sudah mengalami tiga kali pergantian model.

Seputar Suzuki Baleno

Hatchback

Berbeda dengan Baleno lawas yang berbentuk sedan, generasi penerusnya malah memilih bentuk hatchback dengan kapasitas 5 penumpang. Dimensinya sangat cocok untuk menjelajah jalanan perkotaan yaitu panjang 3.995 mm, lebar 1.745 dan tinggi 1.470 mm. Untuk ukuran wheelbasenya mencapai 2.520 mm.

Mesin 1.4 Liter

Nampaknya kembalinya Baleno akan menjadi momok bagi Swift. Ada tiga tipe mesin yang diusung Baleno, tetapi yang paling mungkin masuk ke tanah air adalah tipe 1.4 L yang juga ditanamkan ke dalam Swift dan Ertiga. Ketiganya sama-sama memakai mesin berkapasitas 1,4 liter dengan kode K14B yang mampu mencapai daya 93 PS serta torsi 130 Nm dengan transmisi CVT 5 percepatan.

Ragam Fitur

Berbeda dengan kebiasaan Suzuki yang pelit fitur, Baleno hatchback bereinkarnasi dengan menyertakan fitur-fitur baru seperti headlamp manual leveling, steering switch control, tilt & telescopic steering, reclining, spion elektrik, height adjuster serta cruise control.

Fitur safety juga sangat diperhatikan dalam mobil teranyar ini. Mobil ini sudah dilengkapi dengan airbag, juga sistem pengereman terkini yaitu Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist System.

Harga

Harga yang dipatok untuk Baleno hatchback ini kabarnya berada di kisaran Rp 175 jutaan. Sedangkan varian tertingginya dilepas pada harga Rp 240 jutaan.

Pesaing Di Model Hatchback

Pada kelas compact hatchback sudah banyak pesaing Baleno yang berkibar lebih dulu, sebut Honda Jazz, Kia Rio, Toyota Yaris, Mazda2, Suzuki Swift dan Hyundai i20. Walaupun sudah memiliki banyak pesaing, namun pihak Suzuki masih sangat yakin Baleno masih memiliki banyak penggemar setia yang menginginkan kejayaan Baleno kembali terulang.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *