Wednesday, 28/10/2020 | 6:05 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Ampuh dalam Mengatasi Bunyi Tembak pada Knalpot Motor

Tips Ampuh dalam Mengatasi Bunyi Tembak pada Knalpot Motor

Otolibs.com – Apakah Anda pernah mengalami suara knalpot motor yang mengeluarkan bunyi layaknya tembakan? Jika iya, maka Anda harus mengatasi permasalah tersebut dengan segera. Biasanya sebagian besar orang akan menyepelekan permasalahan ini, sayangnya jika terus menerus dibiarkan maka akan berdampak besar bagi kinerja motor.

Umumnya motor yang sering mengeluarkan ledakan adalah motor matic, namun tidak hanya motor matic biasanya knalpot motor lainnya juga mengalami hal yang serupa seperti knalpot satria fu, knalpot vixion, knalpot ninja 250 fi dan knalpot racing byson. Oleh karana itu, kami akan membagikan tips penting dalam mengatasi knalpot nembak. Untuk itu simak terus ulasan berikut ini.

Tips Mengatasi Knalpot Nembak

Teliti Bagian Karburator

Langkah awal dalam mengatasi knalpot nembak adalah dengan meneliti di bagian karburator. Sebaiknya cek setelan pilot screw atau angin-angin yang terdapat pada karburator. Pastikan setelan tersebut sesuai dengan standar yaitu 2 hingga 3 putaran.

Cek Kelayakan Busi

Pastikan saat Anda melakukan perawatan atau service selalu mengecek kondisi kelayakan busi. Jika memang sudah tidak layak pakai, maka sebaiknya ganti dengan yang baru. Kelayakan busi umumnya diganti setiap 6000 km, dan pastikan untuk menyetel ulang gap busi menjadi 0.7 mm.

Lakukan Pengecekan pada Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara kotor yang dapat menghambat saluran udara pada karburator. Biasanya kelayakan filter udara hingga 15.000 km, dan pastikan kenali terlebih dahulu filter udara yang digunakan basah atau kering. Jika kering maka semprotkan filter menggunakan kompresor. Namun, jika filter udara telah mencapai 15.000 km sebaiknya diganti.

Lakukan Service secara Rutin

Hal yang paling penting dalam perawatan motor sebenarnya terletak pada tingkat kerutinan Anda dalam melakukan service. Pastikan Anda selalu melakukan service secara rutin agar mengetahui permasalahan pada motor Anda dengan segera. Dengan melakukan service rutin maka permasalahan dapat terdeteksi sejak dini, sehingga tidak memerlukan perawatan yang ekstra dan membuang biaya mahal.

Itulah beberapa tips dalam mengatasi bunyi motor tembak pada knalpot motor, pastikan ikuti tips diatas agar motor Anda tetap berkualitas dan dalam kondisi yang prima. Semoga bermanfaat.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *