Wednesday, 28/10/2020 | 3:06 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Tips Merawat Pintu Geser Toyota Sienta

Toyota Sienta

Otolibs.com – Kelebihan Toyota Sienta adalah keberadaan electric sliding door-nya yang memudahkan membuka pintu mobil tanpa harus memegang handle. Cukup dengan menekan tombol, pintu otomatis akan terbuka. Memang tidak semua tipe Sienta memiliki pintu geser elektrik ini. Fitur ini hanya muncul pada tipe V dan Q.

Walaupun menjanjikan kemudahan, namun jenis pintu semacam ini membutuhkan perawatan lebih dibandingkan pintu konvensional. Hal ini dikarenakan mekanisme pintu geser yang lebih kompleks. Namun ada beberapa langkah yang bisa diterapkan pengguna agar pintu slidingnya bisa tetap berfungsi dengan baik.

Langkah Agar Pintu Geser Tidak Ngadat

Gunakan Penetran

Untuk menghindarkan pintu sliding dari kerusakan, perawatan rutin sangat diperlukan. Salah satunya adalah pembersihan berkala bagian railing karena di tempat inilah biasanya menumpuk kotoran. Untuk membersihkannya dapat menggunakan kuas halus, lap, atau menyemprotkan angin menggunakan kompresor akan jauh lebih baik.

Setelah dibersihkan, berikan cairan penetran pada bagian roller dan bearing untuk membersihkan sisa kotoran. Namun perlu diingat untuk selalu memperhatikan komposisi dari cairan penetran yang akan Anda gunakan karena ada beberapa penetran yang bersifat kimiawi keras yang bisa merusak cat mobil Anda.

Perhatikan Roller

Tanda jika ada kerusakan pada roller adalah ketika suaranya terdengar kasar ketika pintu digeser. Solusinya adalah membawanya ke bengkel resmi untuk diperiksa keausan bearing. Tanda kedua adalah pintu yang seret ketika membuka atau menutup. Tips agar bearing serta roller awet adalah selalu memberikan pelumas guna mengurangi gesekan.

Kalau Motor Elektrik Macet?

Jika hal ini terjadi dalam keadaan darudat, jangan panik. Anda masih dapat membuka pintu geser elektrik Anda secara manual. Sebelum membuka, jangan lupa untuk mematikan dahulu motor elektrik dengan cara menekan tombol yang ada di dashboard. Setelah itu jangan tunggu lama untuk segera membawanya ke bengkel resmi Toyota yang ada di dekat Anda. Atau Anda juga dapat menggunakna layanan emergency dengan mendatangkan mekanik ke rumah Anda untuk memperbaiki pintu geser elektrik mobil Sienta Anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *