Thursday, 22/10/2020 | 3:12 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

F1 Dipastikan Bakal Pakai Pelindung Kokpit Baru

F1 Dipastikan Bakal Pakai Pelindung Kokpit Baru

Otolibs.com – Selepas lewati beberapa uji coba, Halo, pelindung kokpit pada jet darat Formula 1 (F1) ditegaskan bakal dipakai pada musim balap tahun depan.

Lewat peluncuran resminya, dikatakan jika Halo sangat penting untuk tingkatkan keselamatan pembalap. Termasuk jika dibandingkan dengan banyak perangkat keselamatan lai yang sudah diuji coba sejak 5 tahun terakhir.

“Kesepakatan yang bulat dari Strategy Group, pada Juli 2016, untuk memperkenalkan perlindungan frontal tambahan untuk F1 dan dukungan berulang dari pembalap, FIA (penyelenggara F1) mengkonfirmasi penggunaan Halo untuk tahun 2018,” tulis pernyataan resmi mereka.

Sebenarnya tak semua sepakat dengan perangkat imbuhan ini. Dua alasan yang sering kali digunakan pihak yang kontra adalah pertama, ia tak estitis, selanjutnya evakuasi pembalap akan lebih susah karena praktis jalan keluar memang terhalang oleh perangkat ini.

Ada juga yang menggagas pelindung alternatif dari Halo. Red Bull misalnya, usulkan pelindung yang hampir sama dengan kanopi. Tak sama dengan Ferrari yang bentuknya `membelah` pandanganpembalap, desain Red Bull lebih masuk akal, hampir sama seperti kaca penghalang angin pada sepeda motor.

Selain Halo, FIA juga telah sepakat untuk memakai aturan anyar mengenai power unit.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *