Tuesday, 27/10/2020 | 2:33 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Motor Mini Ternyata Susah Untuk Dimodifikasi

Motor Mini Ternyata Susah Untuk Dimodifikasi

Otolibs.com – Untuk Otolovers yang mencintai motor ini dan mau merombaknya, terdapat sejumlah hal yang harus diketahui ketika ingin lakukan modifikasi pada motor kecilnya. Modifikasi motor mini tersebut tarbagi menjadi dua, yaitu modifikasi untuk anak-anak dan modifikasi pengendara dewasa.

Mekanik bengkel lapak jempol Tomy, menuturkan modifikasi motor kecil balap untuk anak-anak lebih susah dan harus lebih teliti jika dibandingkan dengan modifikasi untuk orang dewasa. Biasanya para konsumen lebih memilih untuk modifikasi motor mini mereka jadi MiniGP.

“Anak kecil karena bobotnya ringan, dia butuh sasis yang lentur, biar motornya lebih grib, karena motor ini kan nggak pakai suspensi, jadi traksinya roda itu diambil dari kelenturan sasis,kita sesuaikan jokinya berapa kilo,” ujarnya saat ditemui, di Cirendeu.

Jika tak dimodifikasi maka akan berpengaruh pada posisi berkendara ketika balapan, yang bisa mengakibatkan jatuh ketika balapan.

“Kalau posisi nggak enak bisa jatuh, karena kecapean, malah lebih detail untuk anak itu. Jadi kalau untuk anak diukur lebih kepada berat badannya,” ungkap Tomy.

Sedangkan untuk size ukuran orang dewasa lanjut Tomy, modifikasi dilakukan dengan patokan ukuran panjang pendeknya kaki si penunggang.

“Dari jok ke stang kita ukur, terus ngelipet kakinya di bagian footstepnya nanti di mana. Itu harus orangnya yang datang diukur, kan kaki orangnya beda-beda, ada yang panjang tinggi, ada juga yang tinggi tapi pendek kakinya,” ucapnya.

Penggarapannya dilakukan sampai benar-benar pengendara menemukan posisi  duduk atau berkendara yang aman dan nyaman untuk balapan.

“Patokan minimalnya 5 menit di motor tidak capai, karena balap itu range waktunya 5-10 menit. Kalau kurang dari 5 menit nggak enak berarti ada posisi duduknya yang salah, ergonomi namanya,” lanjut Tomy.

Hal itu sangat berpengaruh ketika pengendara bermanuver di arena balap. “Itu cuma buat balap, kalau buat iseng-iseng nggak usah (dimodifikasi) nggak apa-apa,” pungkas tomy.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *