Wednesday, 28/10/2020 | 5:15 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

3 Tips Mudah Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

1 3 Tips Mudah Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

 

Otolibs.com – AC menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada pada setiap mobil. Dengan adanya AC di dalam mobil, tentu anda akan mendapatkan kenyamanan yang lebih saat berkendara dengan udara yang selalu sejuk sepanjang perjalanan. Selain itu, AC juga dapat digunakan untuk menghilangkan kabut atau embun yang muncul di kaca depan mobil terutama pada saat hujan turun.
Pentingnya AC tentu harus dibarengi dengan perawatan AC yang berkala. Banyak diantara pengemudi mobil yang nampak cuek dengan kondisi AC pada mobil mereka dan cenderung membiarkannya apa adanya. Perlu diketahui bahwa perawatan AC penting untuk dilakukan agar AC dapat berfungsi dengan baik dan tetap dingin. Berikut kita akan membahas beberapa tips mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat AC.
Cara Mudah Merawat AC Mobil
Perhatikan Kondisi Selang atau Pipa Mobil
Salah satu cara perawatan AC yang mudah untuk dilakukan adalah pengecekan terhadap selang atau pipa mobil anda. Cara ini bertujuan untuk mengetahui masalah kebocoran selang atau pipa AC yang mungkin terjadi. Kebocoran pada pipa AC seringkali terjadi karena usia pemakaian spare part yang sudah terlalu lama. Jika pipa AC bocor, maka Freon akan cenderung berkurang dan merembes melalui lubang kebocoran tersebut sehingga AC tidak lagi dingin.
Cek Kondisi Evaporator dan Kondensor
Hal lain yang penting untuk dilakukann saat melakukan perawatan untuk AC mobil adalah dengan melakukan cek kondisi evaporator serta kondensor. Kedua elemen AC ini sangat penting untuk memaksimalkan kinerja AC agar tetap maksimal dan dingin. Masalah yang sering muncul dalam evaporator dan kondensor adalah komponen yang aus karena pemakaian terlalu lama dan komponen yang kotor karena debu serta kerikil.
Lihat Kondisi Kompresor
Kerusakan kompresor termasuk salah satu kerusakan yang sering terjadi pada AC mobil. Dalam hal ini, anda tentu harus senantiasa melakukan pengecekan berkala pada kompresor AC mobil. Kerusakan kompresor AC biasanya ditandai dengan bunyi-bunyian yang muncul pada ruang mesin tempat kompresor AC di letakkan. Jika kompresor tidak bekerja dengan lancar, maka selain pembersihan, anda juga bisa melakukan penggantian spare part.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *