Saturday, 24/10/2020 | 10:36 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Teknologi ICS Toyota Mencegah Kecelakaan

1. Teknologi ICS Toyota Mencegah Kecelakaan

Otolibs.com – Toyota merupakan salah satu pabrikan mobil yang dapat melakukan berbagai cara dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan untuk para penggunanya.

Salah satu caranya dengan menciptakan teknologi baru supaya pengguna kendaraan tersebut terhindar dari bahaya tabrakan dan menghindarkan pengguna mobil menabrak saat melaju mundur.

Teknologi ICS Toyota

Pabrikan Toyota menciptakan fitur dengan teknologi yang bernama ICS atau Intelligent Clearance Sonar.

Fitur canggih tersebut digunakan untuk mengurangi kecelakaan saat pengguna melakukan parkir mundur sampai 90 persen. Sedangkan sebelumnya Toyota menggunakan Safety Sense risiko tabrakan berkurang sebanyak 50 persen dan sekarang ICS lebih berisiko dengan berkurang sampai 90 persen.

Menurut data dari badan keselamatan jalan raya di Amerika Serikat, hampir ada 1.7 juta kecelakaan yang terjadi tahun 2012 yang dikarenakan pengemudinya memundurkan kendaraan mereka dan 1.700 mengalami akibat yang fatal.

Oleh karena itu teknologi baru yang diciptakan oleh Toyota ini dianggap penting dan kecelakaan dapat berkurang sampai 50% di tahun 2018. Hanya saja kekurangannya, teknologi tersebut hanya dipasarkan pada mobil yang dijual di Amerika Serikat saja.

Fitur ICS Toyota

Saat ini memang banyak mobil yang sudah dilengkapi dengan kamera belakang, tapi tetap saja ada pengemudi yang ceroboh dan menabrakkan mobil bagian belakangnya saat melakukan parkir mundur.

Sedangkan fitur ICS Toyota sendiri sudah dilengkapi dengan sonar yang ada di bagian belakang mobil dan dapat mendeteksi benda yang ada di belakang kendaraan tersebut. Saat pengemudinya gagal mengurangi laju dan mendekati benda, maka komputer akan memberikan perintah pada rem untuk bekerja dengan menghentikan mobil.

Fitur ICS ini berfungsi dalam kecepatan rendah dan yang paling utama saat melakukan parkir.

Selain Toyota ada juga mobil pabrikan lain yang memiliki teknologi baru dan lebih percaya pada teknologi otonom. Ada juga teknologi yang telah menjadi langkah awal dari hadirnya mobil dengan pengendalian secra otomatis. Mobil dengan teknologi tersebut akan muncul di tahun 2020 dan beberapa produsen juga sedang gencar melakukan uji coba pada kendaraan mereka masing-masing.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *