Wednesday, 28/10/2020 | 4:51 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

3 Tips Sederhana Merawat Ban Tubeless Mobil agar Awet

3 Tips Sederhana Merawat Ban Tubeless Mobil agar Awet

Otolibs.com – Ban merupakan komponen mobil yang sangat penting. Komponen ini berperan untuk memberikan kenyamanan berkendara, terutama bagi anda yang hendak berpergian jauh. Dengan ban yang tepat, mobil juga bisa melaju di jalanan dengan lebih akseleratif.

Dewasa ini, hampir semua mobil menggunakan ban jenis tubeless atau ban tanpa ban dalam. Penggunaan ban tubeless ini memang cukup menguntungkan karena ban akan lebih tahan lama dan juga tidak mudah kempes bahkan ketika terkena ranjau paku. Namun, pernahkah anda berpikir tentang bagaimana cara perawatan ban tubeless ini agar lebih awet? Berikut kita akan membahas beberapa tips perawatannya di bawah ini.

Cara Merawat Ban Tubeless agar Lebih Awet

Gunakan Tekanan Angin yang Tepat

Salah satu cara perawatan ban tubeless yang sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan tekanan angin yang tepat. Setiap ban tubeless memiliki tekanan angin yang tertera pada pinggiran ban. Biasanya, tekanan angin yang disarankan untuk ban depan adalah sekitar 30-32 psi dan ban belakang adalah 36-40 psi. Perlu diketahui, tekanan angin yang kurang dapat membuat ban menjadi cepat rusak, kehilangan grip dan bahkan terlepas dari velg.

Hindari Menghantam Lubang

Memang, menghantam lubang saat berkendara di jalan raya terkadang tidak bisa dihindarkan terutama saat kita terburu-buru. Namun, dalam hal ini, usahakan anda mengindari lubang yang menganga di depan anda. Menghantam lubang dalam kecepatan tinggi selain berbahaya bagi keseimbangan mobil juga akan membuat ban menjadi tidak stabil. Oleh karena itu, disarankan agar anda lebih berhati-hati dalam berkendara dan mengurangi kecepatan dengan bertahap.

Lakukan Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing adalah salah satu cara yang sangat tepat untuk merawat ban tubeless mobil agar lebih awet dan tahan lama. Spooring dan balancing dapat dilakukan untuk menjaga kestabilan putaran ban, sehingga ban tidak akan aus sebelah. Penting bagi anda untuk melakukan kedua hal ini secara berkala, setidaknya ketika anda merasa putaran ban mobil tidak seimbang.

Cek Secara Berkala

Pengecekan fisik ban juga dapat menjadi salah satu cara terbaik yang bisa anda gunakan untuk merawat ban tubeless agar lebih awet dan tahan lama. Dalam hal ini, cek kondisi ban secara berkala untuk mengetahui kondisi tapak ban dan lainnya. Jika anda menemukan masalah pada ban, seperti putaran yang tidak stabil, maka anda bisa melakukan perbaikan dengan segera.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *