Monday, 26/10/2020 | 3:56 UTC+7
Berita Otomotif Indonesia

Keuntungan Memasang Mesin Turbo pada Mobil

2 Keuntungan Memasang Mesin Turbo pada Mobil

Otolibs.com – Mesin menjadi komponen mobil yang paling penting yang akan mempengaruhi performa dari mobil tersebut. Dengan kondisi mesin yang prima, tentu saja performa mobil akan lebih cepat dan maksimal, sehingga anda akan merasakan kenyamanan yang berlebih saat berkendara. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan performa mesin, salah satunya adalah dengan memasang mesin turbo pada mobil.

Memang, produk mobil terbaru kini hampir semuanya menggunakan mesin turbo. Baik mesin diesel atau bensin, banyak yang sudah mengaplikasikan mesin turbo demi mendapatkan performa mobil yang lebih handal. Sementara anda yang memiliki mobil tua, dapat memasangnya sendiri. Ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika mengaplikasikan mesin ini. Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Mesin Turbo pada Mobil

Bahan Bakar yang Lebih Efisien

Salah satu keuntungan yang akan anda dapatkan ketika mengaplikasikan mesin turbo pada mobil tua anda adalah pemakaian bahan bakar yang lebih efisien. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa banyak yang merasa mobil mereka terlalu boros sehingga pengeluaran untuk bahan bakar senantiasa membengkak.
Mesin turbo yang dipasang pada mobil dapat memaksimalkan penggunaan bahan bakar dengan lebih baik. Dalam percobaan dapat dilihat bahwa mesin turbo mampu meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar diesel hingga 40% dan 20% pada bahan bakar bensin.

Tenaga Mesin Lebih Prima

Selain itu, pemasangan mesin turbo pada mobil dapat secara signifikan meningkatkan tenaga mesin dengan lebih prima. Ya, mungkin ada beberapa diantara anda yang penasaran dengan bagaimana cara kerja dari mesin ini saat meningkatkan tenaga. Dalam hal ini, gas buang yang menuju ke pembuangan akan diarahkan ke turbin yang terhubung dengan shaft kompresor. Kompresor bertujuan untuk menghisap gas tadi dan mengarahkannya ke intake manifold sehingga pembakaran akan lebih maksimal.

Emisi yang Lebih Rendah

Tentu kita sudah tahu bahwa masalah emisi gas buang mobil kini menjadi salah satu masalah yang serius pada perubahan iklim di dunia. Dalam hal ini, memasang mesin turbo pada mobil mampu mengurangi emisi gas buang mobil anda dengan sangat baik. Emisi akan ditekan pada level terendah yang tentu saja tidak akan berbahaya bagi kesehatan diri anda sendiri maupun keberlangsungan lingkungan sekitar anda.

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *